Pekerjaan jembatan Musi VI terkendala pembebasan lahan

id musi vi,jemabatan musi,pekerjaan jembatan,jembatan musi vi terkendala dana,jembatan musi vi

Pekerjaan jembatan Musi VI terkendala pembebasan lahan

Foto udara pembangunan jembatan Musi VI di Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (7/8). Pembangunan Jembatan Musi VI masih terkendala pembebasan lahan sebanyak 45 persil, terdiri 30 persil di Seberang Ilir dan 15 Ilir di Seberang Ulu (SU). (ANTARA News Sumsel/Nova Wahyudi/dol/18)

....Jika tidak juga menemukan sepakat, karena sudah hampir setahun ini maka mau tidak mau dipilih langkah terakhir yakni ke pengadilan....
Palembang (ANTARA News Sumsel) - Pekerjaan proyek Jembatan Musi VI, Palembang, Sumatera Selatan, masih terkendala pembebasan lahan sehingga dikhawatirkan akan mempengaruhi target selesai pada pertengahan Desember 2018.

Pejabat Pembuat Komitmen Jembatan Musi VI Fauzi di Palembang, Rabu, mengatakan, progres pembangunan seharusnya per September 2018 sudah mencapai 72,67 persen, namun karena beberapa titik masih belum dibebaskan lahannya membuat capaian hanya 70,65 persen.

"Adanya deviasi sekitar 2,0 persen ini karena ada persoalan pembebasan lahan, khususnya di kawasan Seberang Ilir. Ada dua lahan yang seharusnya sudah bebas karena jadi tempat pemancangan tiang," kata Fauzi.

Lantaran itu pekerjaan terpaksa hanya fokus di kawasan Seberang Ulu karena pemilik lahan di kawasan Seberang Ilir belum sepakat dengan pemerintah terkait harga.

"Saat ini di Seberang Ulu sudah menyelesaikan pemancangan p11 yang akan dilanjutkan ke pengecoran. Kemungkinan Minggu ini selesai, dan dilanjutkan dengan pemenuhan akses jalan," kata dia.

Sementara untuk pembebasan lahan kawasan Seberang Ilir, menurut Fauzi, pemerintah akan menyelesaikannya dengan memberikan limit waktu hingga akhir bulan ini.

"Jika tidak juga menemukan sepakat, karena sudah hampir setahun ini maka mau tidak mau dipilih langkah terakhir yakni ke pengadilan," kata dia.

Ia mengatakan,  kepastian ketersediaan lahan ini dibutuhkan agar pekerjaan tidak molor mengingat kontrak kerja dengan kontraktor hingga pertengahan Desember 2018. Jika melampaui batas waktu itu maka anggaran yang tersisa akan dikembalikan ke pemerintah untuk diajukan kembali di tahun 2019.

"Semoga saja tidak sampai begini. Kami berusaha semaksimal mungkin agar Desember ini selesai," kata dia.

Palembang membangun dua jembatan sekaligus yakni Jembatan Musi IV dan Jembatan Musi VI untuk mengurangi kepadatan di Jembatan Ampera.

Sebelumnya, pembangunan Jembatan Musi VI terkendala pembebasan 45 Persil yang terdiri atas 30 Persil di Seberang Ilir dan 15 Persil di Seberang Ulu.

Bukan hanya Jembatan Musi VI yang terkendala pembebasan lahan tapi juga Jembatan Musi IV. Namun pengerjaan Jembatan Musi IV sudah rampung. (D019)