20 ribu anak akan mendapat kartu identitas

id kartu identitas anak,KIA,anak,dukcapil,catatan sipil,kependudukan,administrasi,SD,SMP,PAUD,panti asuhan,viral,sumsel

Dokumentasi- Seorang anak menunjukkan Kartu Identitas Anak, (ANTARA/Agus Bebeng)

....Sekarang sedang dilakukan sosialisasi kepada masyarakat dan bagi masyarakat yang hendak mengajukan pencetakan KIA sekarang sudah bisa....
Musi Rawas (ANTARA News Sumsel) - Sebanyak 20 ribu anak usia nol sampai 17 tahun  di kabupaten Musi Rawas Sumatera Selatan akan mendapat kartu identitas anak (KIA).

"Kami telah menerima pendistribusian blanko KIA dari pemerintah pusat yakni Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) sebanyak 17 ribu lembar blanko," ungkap sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Tanang di Muara Beliti Musi Rawas, Rabu.

Dia menerangkan, saat ini aplikasi sudah bisa diterapkan di dinas Kependudukan Pencatatan dan Sipil kabupaten Musi Rawas.

"Sekarang sedang dilakukan sosialisasi kepada masyarakat dan bagi masyarakat yang hendak mengajukan pencetakan KIA sekarang sudah bisa," terang dia.

Lanjut dia mengungkapkan, secara umum Kartu Identitas Anak (KIA) ini bermanfaat untuk mendukung pembangunan database kependudukan yang valid. 

"Yang pasti untuk memudahkan masyarakat seperti check in pesawat, kereta api, membuka tabungan di perbankan," ungkap dia.

Lebih lanjut Tanang mengatakan, untuk sasaran pencetakan KIA ini terutama bagi anak - anak di Pendidikan anak usia dini (PAUD), Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan panti asuhan anak usia dibawa umur 17 tahun.

"Sosialiasi direncanakan pada 19 September mendatang di Hotel Dafam dengan peserta masing-masing perwakilan sebanyak 40 orang," tutup dia.

 
Pewarta :
Editor: Erwin Matondang
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar