Emas berjangka turun tertekan penguatan dolar Amerika

id emas,logam mulia,emas putih,harga emas,emas dunia,emas berjangka,COMEX New York Mercantile Exchange,berita sumsel,berita palembang

Emas berjangka turun tertekan penguatan dolar Amerika

Karyawan menunjukkan emas batangan untuk investasi. (ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto)

Chicago (Antara/Xinhua) - Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange berada di bawah tingkat psikologis 1.200 dolar AS per ounce pada akhir perdagangan Selasa (Rabu pagi WIB), setelah data ekonomi positif AS mendorong greenback lebih kuat.

Kontrak emas paling aktif untuk pengiriman Desember, turun 7,6 dolar AS atau 0,63 persen, menjadi ditutup pada 1.199,1 dolar AS per ounce.

Permintaan untuk logam mulia berdenominasi dolar AS merosot, setelah kenaikan indeks manufaktur AS dari lembaga riset Institute for Supply Management (ISM) ke level tertinggi dalam lebih dari satu dasawarsa mengangkat dolar AS lebih tinggi.

Indeks dolar AS, yang mengukur mata uang greenback terhadap enam mata uang utama saingannya, naik 0,34 persen menjadi 95,44 pada pukul 19.30 GMT.

Emas biasanya bergerak berlawanan arah dengan dolar AS, yang berarti jika dolar AS menguat maka emas berjangka akan turun karena emas yang dihargakan dalam dolar AS menjadi lebih mahal bagi investor yang menggunakan mata uang lainnya.

Adapun logam mulia lainnya, perak untuk pengiriman Desember turun 37,7 sen AS atau 2,59 persen, menjadi menetap di 14,18 dolar AS per ounce. Platinum untuk penyerahan Oktober turun 8,9 dolar AS atau 1,13 persen, menjadi ditutup pada 778,2 dolar AS per ounce.