Pemerintah Muratara bangun enam Puskesmas

id Puskesmas,Muratara,Pelayanan kesehatan

Pemerintah Muratara bangun enam Puskesmas

Salah satu bangunan pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) di Kabupaten Musi Rawas Utara, Sumatera Selatan, tengah dikerjakan pihak kontraktor, Senin (3/9/2018). (ANTARA News Sumsel/Rahmat Aizullah/Erwin Matondang/18)

Musi Rawas Utara (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Musi Rawas Utara, Sumatera Selatan, membangun enam pusat kesehatan masyarakat untuk memberikan akses layanan cepat kesehatan bagi masyarakat setempat.

Kepala Dinas Kesehatan Musi Rawas Utara (Muratara), Mahendra di Muara Rupit, Senin, mengatakan pembangunan enam pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) itu menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun anggaran 2018.

"Bentuk pembangunannya ada renovasi, ada juga penambahan gedung, karena memang semuanya peninggalan kabupaten induk Musi Rawas, sehingga perlu dilakukan peningkatan," katanya.

Keenam Puskesmas tersebut ialah Puskesmas Karang Jaya, Puskesmas Nibung, Puskesmas Bingin Teluk, Puskesmas Pauh, Puskesmas Surulangun, dan Puskesmas Muara Kulam.

Puskesmas Karang Jaya dibangun dengan pagu anggaran senilai Rp 3,9 miliar lebih, Puskesmas Nibung Rp 4,7 miliar lebih, Puskesmas Bingin Teluk Rp 4,6 miliar lebih, Puskesmas Pauh Rp 4,6 miliar lebih, Puskesmas Surulangun Rp 3,9 miliar lebih, dan Puskesmas Muara Kulam Rp 4,6 miliar lebih.

Mahendra berharap, dengan ditingkatkannya puskesmas-puskesmas tersebut dapat memberikan layanan kesehatan yang lebih maksimal lagi serta mempermudah terlaksananya program kesehatan dari pemerintah.

"Pelayanan kesehatan adalah hak setiap masyarakat, pemerintah berkewajiban menghadirkan hal itu," katanya.

Pihaknya juga tengah berupaya meningkatkan kualitas sumber daya tenaga medis yang bertugas di seluruh Puskesmas se Kabupaten Muratara, termasuk penyediaan alat-alat kesehatan yang menjadi penunjang bagi Puskemas tersebut.

"Tenaga kesehatan yang bertugas di Puskesmas harus memiliki integritas yang tinggi, apalagi yang di daerah terpencil, tekadkan diri kita bahwa akan mengabdi dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," katanya.