Empat tahun lagi atlet berprestasi lahir dari Jakabaring

id Jsc,Alex noerdin,Atlet

Empat tahun lagi atlet berprestasi lahir dari Jakabaring

Atlet kano Indonesia Riska Andriyan (5) beradu cepat mencapai garis finish dengan atlet China Mengya Sun (3) pada final kano tunggal putri 200 meter Asian Games 2018 di arena dayung Jakabaring Sport City, Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (1/9). (ANTARA FOTO/INASGOC/Iqbal Lubis/nz/18)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Empat tahun lagi atlet-atlet berprestasi internasional akan lahir dari Jakabaring Palembang memberikan kebanggan untuk Indonesia, kata Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin.

"Politeknik olahraga akan dilanjutkan lagi, proses belajarnya memanfaatkan 20 venue berstandar internasional yang ada di Jakabaring, jadi targetnya 3-4 tahun lagi atlet berprestasi lahir dari sana (JSC)," ujar Alex Noerdin usai rapat paripurna di kantor DPRD Sumatera Selatan, Senin.

Menurutnya Sumsel harus memiliki kebanggan tersendiri di bidang olahraga, selain kemegahan Jakabaring Sport City yang telah diakui oleh negara-negara luar, tampilnya atlet-atlet lokal berprestasi menjadi catatan khusus, kedepan jumlahnya harus lebih banyak.

Dia menjelaskan tahun 2019 Sumsel masih akan 'menggeber' event internasional lagi seperti kejuaraan dunia dayung, panjat tebing, sepak takraw, bowling, voli pantai, kejuaraan menembak asia pasifik dan direncakan moto GP tahun 2020.

Event-event yang ada nantinya, diharapkan dapat menjadi pelajaran dan pengalaman untuk atlet-atlet lokal dalam upaya meningkatkan prestasi sampai level tertinggi, inilah keuntungan lain dari pembangunan komplek JSC yang berdarah-darah tersebut, lanjut Alex.

"JSC ini membuat iri banyak negara-negara lain loh, bahkan Jepang menjadikan venue di sini sebagai patokan untuk venue olimpiade di negeri mereka, saya sendiri menerima banyak ucapan terimakasih darii duta besar negara peserta karena Asian Games berjalan suskes di Palembang," ungkap Alex.

Ia menambahkan pengembangan bidang olahraga di Sumsel memiliki alasan kuat, olahraga dinilainya punya daya besar untuk lebih mempersatukan bangsa, terbukti dari beberapa peristiwa harmonis yang terjadi selama Asian Games berlangsung, seperti saat Hanif saat memeluk presiden Jokowi dan Prabowo berbarengan.

"Makanya sumsel ini sudah kondusif, terbukti sukses melaksanakan Asian Games dan dipuji-puji, maka jangan lagi ada gerakan-gerakan yang mengganggu kondusifitas wilayah," tutur Alex.