Kabupaten OKU bangun sistem penyediaan air minum

id pdam,pdam oku,sistem pam,air minum,air bersih,intake

Kabupaten OKU bangun sistem penyediaan air minum

Dokumen - Instalasi pengelolaan air (ANTARA News Sumsel)

Baturaja (ANTARA News Sumsel) - PDAM Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, membangun sistem penyediaan air minum di Kecamatan Lubuk Raja sebagai sarana fasilitas air bersih bagi masyarakat di wilayah itu.

Direktur PDAM Ogan Komering Ulu (OKU), Abi Kusno di Baturaja, Minggu mengatakan bahwa pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) yang saat ini pengerjaannya sudah berjalan sekitar 80 persen tersebut memiliki daya tampung 60 ribu liter air perdetik.

"Saat ini pengerjaannya sudah berjalan sekitar 80 persen," katanya.

Dalam waktu dekat ini masyarakat di wilayah Kecamatan Lubuk Raja sudah dapat menikmati air bersih melalui pipa SPAM yang nantinya langsung mengalir ke rumah pelanggan.

"Jaringan sistem PAM ini ditargetkan dapat menampung sebanyak 4.800 pelanggan," ungkapnya.

Dia mengemukakan, anggaran pembangunan sistem ini di Kecamatan Lubuk Raja itu senilai Rp41 miliar dengan daya tampung seribu pelanggan.

Namun kata dia, anggaran tersebut hanya untuk tahap pertama pembangunan pada 2018 dan akan dilanjutkan pembangunannya tahun berikutnya guna menambah jaringan hingga mencapai target 4.800 pelanggan dengan kapasitas sistem PAM yang tersedia 60 liter air perdetik.

"Kalau total anggaran untuk pengembangannya yang dilanjutkan ke beberapa kecamatan di OKU sebesar Rp70 miliar. Sekarang sedang membangun Intake pompa yang berlokasi di desa Lubuk Batang Baru, dengan sumber air baku dari Sungai Ogan," ujarnya.?

Dia berharap, dengan adanya sistem PAM masyarakat di sekitar Kecamatan Lubuk Raja dapat meningkatkan pola hidup bersih dan sehat dengan memanfaatkan fasiltas air yang telah disediakan tersebut. (KR-EDO)
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar