PMI siagakan pendonor resus negatif

id Pmi,Rhesus negatif,Donor darah

PMI siagakan pendonor resus negatif

Petugas UDD PMI Kota Palembang, menunjukkan stok darah (22/5/2018) (ANTARA News Sumsel/Kiki Wulandari/Erwin Matondang/18)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Meski sulit menemukan golongan darah rhesus negatif namun Palang Merah Indonesia Palembang siaga jika ada yang membutuhkan golongan darah tersebut.

"Bagi yang memiliki darah dengan Rh negative kini tak perlu khawatir karena Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Palembang menyediakan pendonor yang siap siaga," ujar dokter Unit Donor Darah Palembang, dr Evi Lusiana, Minggu. 

Dia mengatakan, PMI menyediakan ratusan pendonor yang memiliki Rh negative. Mereka siaga ketiak dibutuhkan oleh PMI. Sebab, golongan darah ini sangat jarang sekali sehingga pendonornya pun tidak banyak.

“Pendonor rh negative disarankan untuk tidak rutin melakukan donor darah. Kami takut, ketika ada yang butuh, pendonor Rh negative baru mendonorkan darahnya sehingga sulit untuk diambil darahnya lagi. Kan harus menunggu waktu tiga bulan baru boleh mendonor lagi,” ungkapnya.

Lanjut dia, golongan darah mereka diperlukan ketika darurat. Lagipula, terkadang Rh negative mengalami kendala. Untuk menganggulangi hal itu, PMI juga selalu mengingatkan kepada pendonor untuk selalu menjaga kondisinya saat akan berdonor.

Dia menjelaskan, orang yang memiliki golongan garah Rh negative (A-, B-, O-, AB_) hanya bisa menerima transfuse darah dengan golongan darah yang sama. Tapi, kebanyakan orang dengan Rh negative tidak tahu jenis darahnya apa. 

“Sampai ketika darurat baru diketahui sehingga donornya sulit dicari. Apabila mendapatkan transfusi darah dari orang dengan golongan darah sama tetap rhesus positif. Misalnya A- menerima A+, tubuh orang tersebut membentuk reaksi penolakan,” katanya.