Asian Games (Dayung) - Indonesia incar emas TBR 500 meter

id kano perahu naga ,kano perahu naga,Traditional Boat Race,venue dayung,Jakabaring Sports City,berita sumsel,berita palembang,asian games,kano perahu na

Asian Games (Dayung) - Indonesia incar emas TBR 500 meter

Sejumlah atlet dayung memacu kecepatan pada pertandingan final dayung empat putra Asian Games 2018 di Lake Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan,Jumat (24/8). (INASGOC/Rahmad Suryadi/nym/18)

Palembang  (ANTARA News Sumsel) - Sebanyak 24 atlet dayung Indonesia yang tergabung dalam tim putra dan putri berupaya mengincar emas nomor kano perahu naga kelas 500 meter Asian Games 2018.

Kano perahu naga (Traditional Boat Race/TBR) yang dilombakan di venue dayung Jakabaring Sports City (JSC) Palembang, Sumatera Selatan, Minggu pagi, memperebutkan satu medali emas putra dan putri.

Untuk mendapatkan medali itu tim putri Indonesia harus berjuang di babak penyisihan untuk masuk semi final menghadapi Thailand, Myanmar, Filipina, dan India.

Tim putra kano TBR 500 meter Indonesia harus unggul menghadapi Hong Kong, Chinese Taipei, Korea, dan Thailand.

Pada hari pertama lomba TBR Asian Games, tim putra Indonesia gagal memperoleh medali di final lomba dayung perahu naga /TBR kelas 200 meter, sementara tim putri berhasil memperoleh perak.

Dalam final perahu naga kelas 200 meter putra di venue dayung Jakabaring Sports City (JSC) Palembang, Sabtu (25/8) medali emas diraih China, perak diraih tim Chinese Taipei, dan perunggu diraih tim dayung Thailand.

Tim putra tuan rumah Indonesia yang diperkuat pedayung Saputra Dedi, Rustandi MY, Mulyana Andri Agus, Poliyansyah, Monim Erwin David, Marjukibberada di peringkat empat harus merelakan semua medali ke tangan lawan.

Sementara itu tim putri yang menyumbang medali perak di hari pertama lomba perahu naga kelas 200 meter yakni Monim Alvonsina, Maysche Ibo Shurvani, Masripah, Karim Shifa, Kofalakari Christina, Hidayat Selvianti Devi, Fitra Raudana, Dwi Jayanti Astri, Deau Emiliana, Aswiati, Yulistrian Riana, Ardianti Risti.

Dalam lomba dayung Traditional Boat Race (TBR) atau yang dikenal Perahu Naga itu diikuti 11 dari 45 negara peserta Asian Games di Palembang dan Jakarta, 18 Agustus-2 September.

Negara peserta lomba dayung di venue Jakabaring Sports City (JSC) Palembang itu yakni Indonesia, China, Korea, India, Hong Kong, Malaysia, Myanmar, Fiilipina, Singapura, Chinese Taipei, dan Thailand.

Lomba TBR dijadwalkan berlangsung selama tiga hari yakni Sabtu (25/8) kelas 200 meter putra dan putri, Minggu (26/8) kelas 500 meter putra dan putri, dan Senin (27/8) kelas 1.000 meter hanya putra yang perlombaanya dimulai pagi hari pukul 10.00 WIB.

Manajer Kompetisi Kano TBR Asian Games XVIII Haris Sidharta mengatakan dalam lomba dayung perahu naga Asian Games XVIII memperebutkan lima medali emas masing-masing dua emas di kelas 200 meter dan 500 meter, serta satu emas keals 1.000 meter.