Asian Games - Tim sepak bola putri Korsel lolos ke semifinal

id timnas sepakbola wanita korea,sepak bola wanita korea,asian games,berita sumsel,berita palembang,berita antara

Asian Games - Tim sepak bola putri Korsel lolos ke semifinal

Pesepak bola wanita Korea Selatan Moon Mira (kiri) berebut bola dengan pesepak bola wanita Maladewa Fathimath Afza dalam laga penyisihan grup A. (ANTARA FOTO/INASGOC/Zabur Karuru/Ful/18)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Tim sepak bola putri Korea Selatan memastikan satu tempat di semifinal Asian Games XVIII setelah mengalahkan Hong Kong pada babak 8 besar dengan skor 5-0 di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Jumat sore.

Korsel langsung mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu membuka pertandingan perebutan tempat di empat besar ini. Jantung pertahanan Hong Kong pun langsung dikuasai, namun masih bisa dijegal pemain belakang.

Hong Kong yang tercatat sebagai peringkat 76 perangkingan Federasi Internasional Sepak Bola FIFA ini juga tak kalah berani dengan menebar ancaman ke lini pertahanan Korsel. Namun belum sempat masuk ke kotak sempit, bola sudah berhasil direbut gelandang Korsel.

Di menit awal ini, Korsel yang menjadi peringkat 15 dunia langsung menguasai permainan dengan memenangkan ball position. Berulang kali serangan dibangun dari sayap untuk mengumpan ke tiga stikernya yang lincah dan cepat.

Akhirnya gol pembuka tercipta pada menit 19 melalui sundulan stiker Korsel, Jeong Ga Eul yang memanfaatkan umpan silang pemain belakang Lee Eunmi yang mengubah kedudukan menjadi 1-0.

Unggul satu gol ini membuat skuat Korsel semakin percaya diri untuk mengurung permainan Hongkong hanya setengah lapangan. Gawang Hong Kong pun mulai dibombardir sehingga satu persatu gol tercipta.

Gol kedua tercipta melalui sepakan Jeong Ga Eul pada menit 31 setelah mendapatkan umpan pendek di kotak penalti, dan gol ketiga melalui sundulan Lee Geummin. Dua gol ini semakin memperlebar jarak keunggulan Korsel menjadi 3-0 atas Hongkong. Skor ini bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, kedua tim melakukan penggantian pemain. Korsel menarik striker andalannya yang sudah mencetak empat gol Son Hwayeon untuk digantikan dengan gelandang Cho So Hyun. Sementara Hongkong gelandangnya Wai Yuen Ting untuk digantikan dengan stiker Fung Nga Kei Kay.

Pada babak kedua ini, Hong Kong semakin tertekan. Meski menumpuk pemain di lini belakang tetap tak mampu menyelematkan gawangnya dari gempuran striker Korsel.

Gelandang Korsel, Moon Mira yang baru dimasukkan di babak kedua tampil apik. Persepak bola 25 tahun ini menambah kemasan golnya pada pertandingan ini setelah sebelumnya mencetak empat gol. Bermula dari kesalahan pemain belakang Hongkong dalam mengcover bola membuat Moon tiba-tiba menerobos masuk ke areal terlarang. Ia hanya tiga kali menyentuh bola sebelum menceploskan ke gawang. Skor berbuah 4-0 untuk Korsel.

Kemudian giliran stiker Korsel, Lee Min A yang menjebol gawang Hong Kong pada menit 81 setelah pergerakan cepatnya tidak dapat diikuti pemain belakang. Skor berubah 5-0 untuk Korsel.

Hingga 10 menit akhir babak, Korsel semakin menunjukkan dominasinya dengan menguasaan bola 73 persen berbanding 17 persen.

Beberapa kali tembakan langsung sempat diarahkan ke gawang di menit akhir ini, namun tidak menjadi gol karena masih bisa bisa dihalau kiper Hongkong Leung Wai Nga. Pertandingan pun berakhir dengan kemenangan Korsel 5-0.

Susunan Pemain :

Korea Selatan: Yoon Younggeul (gk), Shim Seo Yeon, Hong Hyeji, Lee Min A, Jeong Ga Eul, Ji Soyun (Han Cherin/86), Lee Geummin, Son Hwayeon (Cho So Hyun/46), Lee Hyunyoung (Moon Mira/64), Lee Eunmi, Kim Hyeri (c).

Pelatih : Yoon Dukyeo


Hong Kong : Leung Wai Nga, Chu Ling Ling (Chung Pui Ki/84), Yiu Hei Man, Chan Wing Sze (c), Cheung Wai Ki, Cham Ching Man, Wai Yuen Ting (Fung Nga Kei Kay/46), Sin Chung Yee, Lee Wing Yan (Yuen Hoi Dik Heidi/78), Wong So Han, Kwok Ching Man.

Pelatih : Rambo Jose Ricardo