Atlet menembak lewat Musi II saat solat Ied

id sholat idul adha,jembatan ampera,atlet menembak

Atlet menembak lewat Musi II saat solat Ied

Kasaltlantas Polresta Palembang Kompol Andi Baso Rachman berdiskusi mengenai pelaksanaan Sholat Idul Adha 1439 H dengan Sekretaris Umum Pengurus Yayasan Masjid Agung Palembang Rachman Zeth di Kantor Pengurus Masjid Agung, Selasa (21/8). (ANTARA News Sumsel/Aziz Munajar/Erwin Matondang/18)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Atlet Menembak Asian Games akan dialihkan melewati Jembatan Musi II karena tidak bisa melalui Jembatan Ampera pada waktu pelaksanaan Sholat Idul adha. 

"Sholat Idul Adha tetap dilaksanakan diatas jembatan ampera, jadi tidak ada usir-usiran, tidak benar itu, nanti mobil atlet kami alihkan melewati jembatan musi II karena bagaimanapun atlet harus tiba di venue tepat waktu," kata Kasatlantas Polresta Palembang Kompol Andi Baso  usai berdiskusi dengan pengurus Masjid Agung Palembang, Selasa. 

Menurutnya pada waktu bersamaan Idul Adha di Jakabaring Sport City akan berlangsung pertandingan cabor menembak dimulai pukul 08.00 WIB, sehingga atlet harus tiba di venue shooting range pukul 07.30 WIB. 

Pihaknya mengaku sudah mengkoordinasikan dengan INASGOC dan pimpinan Mabes Polri mengenai pengalihan arus mobil pengantar atlet, sebab estimasinya kawasan jalan jendral Sudirman menuju Jembatan Ampera baru steril dari aktifitas Shalat Ied pukul 11.00 WIB. 

Dia menjelaskan dari hotel menginap atlet di jalan Kapten Rivai, mobil pengantar diarahkan ke jalan POM IX menuju Jalan Demang Lebar Daun kemudian ke arah Jembatan Musi II. 

"Dari Jembatan Musi II nanti ada dua pilihan, bisa terus ke Jembatan Ogan lalu ke simpang Plaju, atau melewati Simpang Nilakandi ke belakang OPI Mall kemudian ke JSC," lanjut Kompol Andi Baso R. 

Sementara Sekretaris Umum Yayasan Masjid Agung Palembang Rachman Zeth mengatakan Sholat Idul Adha biasa dilakukan setiap tahun memang mengular hingga atas badan Jembatan Ampera. 

"Sholat Ied akan dimulai pukul 07.00 WIB dan selesai mungkin pukul 08.00 WIB, namun selesai tidak artinya jamaan langsung bubar, karena masih rangkaian lain seperti penyerahan hewan qurban dari gubernur dan pengambilan kupon," jelas Rachman Zeth. 

Ia menambahkan Yayasan Masjid Agung Palembang hanya memfasilitasi pelaksanaan sholat Idul Adha, sedangkan panitia pelaksananya dari pemkot Palembang dengan ketuanya langsung wali kota. 

Untuk lokasi parkir biasanya berada di sekitaran Pasar Burung 16 Ilir, Kantor Wali kota Palembang, Jalan Jendral Sudirman dan area Benteng Kuto Besak, imbuhnya.