Kampung Asia promosikan kearifan lokal indonesia

id kampung asia,palembang square,akhmad najib

Suasana Kampung Asia di atrium Palembang Square, Senin (20/8) (ANTARA News Sumsel/Kiki Wulandari/Erwin Matondang/18)

.... Lakukan riset, apa saja yang menjadi minat wisatawan untuk datang yang kemudian dapat dikembangkan. ...
Palembang (ANTARA News Sumsel) - Momen Asian Games peluang bagi Palembang untuk mempromosikan kearifan lokal salah satunya pergelaran Kampung Asia di atrium Palembang Square. 

"Pada kampung Asia ini para umkm mempromosikan produknya seperti pakaian, kain, aksesoris. Ini momen tepat dimana Asian Games berlangsung bisa dipromosikan dengan atlit dan official yang sudah bertanding," ujar Pj Walikota Palembang,  Akhmad Najib, Senin (20/8).

Sebenarnya kampung asia ini harus diikuti negara Asia lainnya, tapi ternyata kampung asia tidak hanya disini. Karena itu pameran ini hanya menampilkan produk dalam negeri.

"Mayoritas masih produk kita sendiri," katanya. 

Menurutnya pihaknya bertugas mengemas potensi wisata, budaya, dan cagar budaya agar mampu menarik minat wisatawan untuk senantiasa berkunjung ke Palembang. Lakukan riset, apa saja yang menjadi minat wisatawan untuk datang yang kemudian dapat dikembangkan. 

Adanya even internasional seperti Asian Games telah mendongkrak tingkat hunian hotel, serta pengaruh secara signifikan kepada restoran dan pusat oleh-oleh. 

"Kebersinambungan kunjungan inilah yang harus dijaga, salah satunya dengan cara menggelar even nasional maupun internasional yang sifatnya teragenda rutin," kata Najib. 

Sementara itu Mall Director Palembang Square, Tubagus Faisal Yusuf mengatakan ada 50 stan yang ikut serta dalam kampung asia. Mereka UMKM dari luar daerah dan mayoritas UMKM Palembang. 

Pihaknya menargetkan kunjungan adanya kampung asia ini 10-15 persen dari kunjungan biasanya.

"Angka normal kunjungan PS dari 3 ribu hingga 5 ribu pengunjung, kami harapkan adanya momen ini pengunjung dapat meningkat," kata dia.

 
Pewarta :
Editor: Erwin Matondang
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar