BUMN Hadir - Peserta SMN Jatim kagumi Al-Qur'an Raksasa

id Al-Qur'an Raksasa,Al-Qur'an Al-Akbar,GANDUS,smn

BUMN Hadir - Peserta SMN Jatim kagumi Al-Qur'an Raksasa

Peserta Siswa Mengenal Nusantara asal Jawa Timur mengunjungi destinasi wisata Al-Qur'an Al-Akbar Gandus Palembang, Sabtu (18/8). (ANTARA News Sumsel/Deny Wahyudi/Erwin Matondang/18)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Sebanyak 41 peserta Siswa Mengenal Nusantara asal Jawa Timur berkesempatan mengunjungi destinasi wisata Al-Qur'an Al-Akbar atau Al-Qur'an ukiran kayu yang terbesar di dunia yang berada di kelurahan Gandus Palembang. 

"Di destinasi wisata Al-Qur'an Raksasa ini saya bisa membandingkan ukuran manusia dengan ukuran fisik Al Quran yang masing-masing lembar ukuran halamannya berukuran panjang 177 centimeter dengan lebar 140 centimeter dan ketebalan 2,5 centimeter," kata peserta SMN Jawa Timur, Diah Ayu Febrianti di Palembang, Sabtu.

Ia mengatakan baru pertama kali ini mengetahui ada destinasi wisata Al-Qur'an Raksasa yang beralamat di Pondok Pesantren Al Ihsaniyah Gandus Palembang.

"Saya berharap dapat berkunjung ke Palembang lagi karena kota ini sangat bersih maupun kota ini pantas menjadi kota metropolitan," tutupnya.

Terdapat 30 juz ayat suci Al-Quran yang berhasil dipahat/diukir ala khas Palembang dalam lembar kayu dan menghabiskan kurang lebih 40 meter kubik kayu tembesu dengan biaya tidak kurang Rp 2 miliar.

Al-Quran yang terdiri dari 630 halaman ini juga dilengkapi dengan tajwid serta doa khataman bagi pemula. Setiap lembar terpahat ayat suci Al-Quran pada warna dasar kayu coklat dengan huruf arab timbul warna kuning dengan ukiran motif kembang di bagian tepi ornamen khas Palembang yang sangat indah di pandang dan enak dibaca.

Proses pembuatannya sendiri memakan waktu relatif lama, sekitar tujuh tahunan.

Al Quran Raksasa ini terbesar dan pertama di dunia dalam bentuk Al Quran 30 juz yang di buat pada media dari kayu jenis tembesu.