Asian Games - KRI Dewaruci semarakkan Asian Games di Palembang

id kri dewa ruci,dermaga peti kemas,Asian Games,Kapal perang Republik Indonesia,Pelabuhan Boom Baru,Letkol Laut (P) Waluyo

Asian Games - KRI Dewaruci semarakkan Asian Games di Palembang

Sejumlah pelajar menaiki KRI Dewa Ruci yang bersandar di Pelabuhan Boom Baru. (ANTARA News Sumsel/Nova Wahyudi/dol/18)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Kapal perang Republik Indonesia KRI Dewaruci dalam perjalanannya menjelajahi nusantara pada 2018 ini berlabuh di Pelabuhan Boom Baru Palembang, Sumatera Selatan, untuk menyemarakkan pembukaan Asian Games XVIII, Sabtu (18/8) malam.

"KRI Dewaruci yang mengawali perjalanan dari Surabaya pada 23 Juli dengan tujuan pelabuhan pertama di Kota Makasar, Sulawesi Selatan, 27 Juli 2018 lalu, berpartisipasi dalam acara torch relay atau kirab obor api Asian Games," kata Komandan KRI Dewaruci Letkol Laut (P) Waluyo seusai acara penyambutan kedatangan kapal tersebut di Palembang, Kamis.

Di Palembang ini, kapal itu akan bermalam hingga pembukaan ajang olahraga internasional itu.

Untuk menyemarakkan Asian Games di Palembang, pada saat pembukaan pesta olahraga tersebut, akan digelar acara di dermaga peti kemas Pelabuhan Boom Baru dengan latar belakang KRI Dewaruci.

"Bagi masyarakat yang berminat nonton bareng siaran televisi acara pembukaan Asian Games dan mengikuti berbagai acara lainnya bisa datang di dermaga tempat bersandarnya kapal latih Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL)," katanya.

Dia menjelaskan, kedatangan KRI Dewaruci di Kota Palembang sebagai tuan rumah Asian Games XVIII bersama Jakarta, membawa misi mengamankan dan menyukseskan pesta olahraga negara-negara kawasan Asia itu.

Selain itu, pihaknya juga berupaya mengenalkan kepada masyarakat mengenai kapal latih tiang tinggi AAL buatan Jerman itu yang akan dipandu Pejabat Eksekutif Tertinggi (Executive Officer) Perwira Pelaksanan Mayor Laut (P) Sriadi.

Kapal yang memperkuat jajaran TNI AL sejak 1953 itu, telah dua kali melaksanakan pelayaran muhibah keliling dunia yakni pada 1964 dan 2012, dan ke Palembang yakni pada 1971 atau 47 tahun lalu dan Agustus 2018 ini.

Bagi masyarakat atau atlet yang akan melihat langsung kapal legenda milik TNI AL yang hingga kini masih mampu menjelajahi nusantara, pihaknya membuka kesempatan kunjungan ke KRI Dewaruci untuk umum selama tiga hari yang dimulai seusai upacara peringatan HUT RI 17 Agustus, kata Letkol Laut (P) Waluyo.

Kapal latih legenda milik TNI AL itu berlabuh di Pelabuhan Boom Baru Palembang, Kamis, sekitar pukul 11.30 WIB setelah sehari sebelumnya bersandar di pelabuhan PT Pertamina, Plaju pada Rabu (15/8).

Kedatangan Komandan KRI Dewaruci bersama 53 kru dan 62 rombongan masyarakat sipil yang dpimpin Ketua Persatuan Purnawirawan Angkatan Laut Laksdya TNI (Purn) Djoko Sumaryono di pelabuhan itu, disambut Sultan Palembang Iskandar Mahmud Badaruddin dengan menyematkan tanjak dan pengalungan kain songket dan tarian khas daerah.