Asian Games (sepak bola) - Timnas minta dukungan masyarakat

id papat yunisal,timnas putri,timnas wanita,sepak bola wanita,dukiungan masyarakat,timnas sepak bola wanita,minta doa masyarakat

Asian Games (sepak bola) - Timnas minta dukungan masyarakat

Dokumen - Ketua Asosiasi Sepak Bola Wanita PSSI Papat Yunisal memberikan keterangan pers pada Pres Conference Piala AFF Gilr U-16 di Palembang, Senin (30/4). (ANTARA News Sumsel/Dolly Rosana/Ang/18) (ANTARA News Sumsel/Dolly Rosana/Ang/18/)

....Kami berharap masyarakat, khususnya warga Palembang mau memberikan dukungan secara langsung dengan datang ke stadion....
Palembang  (ANTARA News Sumsel) - Tim nasional putri Indonesia meminta dukungan dan doa dari seluruh rakyat negeri itu pada pertandingan perdana Asian Games XVIII melawan Maladewa di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, yang digelar, Kamis (16/8).

Timnas yang diperkuat sebagian besar pemain muda itu berharap memetik kemenangan untuk mencapai target lolos penyisihan grup A yang juga dihuni Korea Selatan, Chinese Taipeh dan Maladewa.

Manajer timnas putri Papat Yunisal di Palembang, Rabu, mengatakan dukungan moril dari masyarakat ini sangat dibutuhkan karena timnas sudah lama tidak berlaga di ajang internasional setelah kurang lebih vakum selama empat tahun.

"Kami berharap masyarakat, khususnya warga Palembang mau memberikan dukungan secara langsung dengan datang ke stadion. Dukungan suporter ini diharapkan dapat menjadi penyemangat bagi pemain," kata Papat.

Menurut mantan pemain timnas era tahun 80-an ini, peluang Indonesia pada laga melawan Maladewa itu cukup terbuka. Apalagi Maladewa pada Asian Games 2014 tercatat tidak dapat mencetak sebiji gol pun. 

"Mungkin kita bisa ambil kemenangan semaksimal mungkin lawan Maladewa nanti. Tapi kita juga harus antisipasi, karena lawan sudah menyiapkan timnya sejak empat tahun lalu, sementara kita baru enam bulan," kata dia. 

Namun, peran sebagai tuan rumah tidak bisa dipandang remeh. "Kami pasti akan lebih termotivasi memenangkan pertandingan karena bertanding di tengah-tengah dukungan masyarakat, keluarga, dan rekan-rekan," ujarnya. 

 Apalagi, ada tren positif yang terjadi di timnas belum lama ini seperti kemenangan timnas U-16 di ajang Piala AFF dan kemenangan timnas senior putra pada pertandingan perdana Asian Games beberapa hari lalu dengan mencukur Chinese Taipeh 4-0.

 "Satu lagi, kita saat ini sedang dipayungi aura kemenangan karena negara kita sebentar lagi akan merayakan Hari Kemerdekaan," ujar dia. 

Dengan begitu, laga melawan Maladewa nanti teramat penting untuk dimenangkan, karena secara hitungan di atas kertas justru sulit untuk menggeser Korsel dan Jepang yang notabene wakil Asia di Piala Dunia 2019.

Sejauh ini berdasarkan rangking FIFA menempatkan Indonesia diperingkat 77 dan Maladewa di peringkat 119.

"Memang sebagai tuan rumah, timnas ada perbedaan jauh dengan tim lain. Jika kita mampu menang dua kali, kita bisa jadi membuka peluang untuk lolos," ujarnya. 

Pertandingan cabang olahraga sepak bola putri menjadi yang pertama dalam gelaran Asian Games XVIII di Palembang, Sumatera Selatan. babak penyisihan mulai digelar pada 16 Agustus 2018.

Tercatat 11 negara menjadi peserta sepak bola putri yang terbagi dalam tiga grup. Grup A : Indonesia, Korea Selatan, Taiwan, Maladewa, Grup B : Korea Utara, China, Hongkong, Tajikistan dan Grup C : Jepang, Vietnam, Thailand.  (D019).