Pembuangan sampah dialihkan selama Asian Games

id Tpa ,Tpa sukawinatan,Sampah

Pembuangan sampah dialihkan selama Asian Games

Arsip- Petugas mengendalikan alat berat untuk memindahkan sampah di Tempat Pembuangan Akhir Sampah Sukawinatan Palembang,Sumsel, Rabu (7/3). Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Palembang mencatat rata-rata per hari Jumlah sampah yang diangkut dri seluruh TPS Kota Palembang mencapai 800 hingga 900 ton dan mencapai 1200 ton pada hari libur.ANTARA news Sumsel/Feny Selly/Ang/18

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Selama perhelatan Asian Games berlangsung, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Pemkot Palembang mengalihkan pembuangan sampah dari TPA Sukawinatan ke TPA Karya Jaya Kertapati.

"Sudah satu minggu ini TPA Sukawinatan ditutup lantaran pembuangan sampah dialihkan ke TPA Karyajaya," ujar Pj Wali Kota Palembang, Akhmad Najib, Rabu. 

Menurut dia ada beberapa alasan TPA dialihkan seperti jalur pembuangan sampah dari beberapa titik dapat melalui jalur pinggir kota, artinya sampah yang diangkut tidak akan tercecer mengotori jalan protokol. 

"Jarak tempuh yang dilalui juga lebih cepat dibandingkan membuangnya di TPA Sukawinatan dan pengalihan ini dilakukan sementara dengan volume sampah yang diprediksi meningkat dua kali lipat," kata Najib. 

Ditambahkan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Palembang, Faizal ada beberapa kelebihan dari pengalihan ini antara lain luas lahan di TPA karya jaya 40 hektar yang sudah terisi hanya 3,3 persen.

Sedangkan di TPA Sukawinatan luas lahan 25 hektar,  94 persen lahan sudah terpakai oleh tumpukan sampah. Akses menuju lubang pembuangan di TPA Sukawinatan hanya satu arah. 

"Di TPA Karyajaya aksesnya masih luas sehingga arus bolak balik lancar sehingga truk yang melakukan pembuangan lebih cepat 15 menit," jelasnya.