BUMN Hadir - Peserta SMN Jatim diberi pemahaman ideologi Pancasila

id SMN,Bumn hadir

BUMN Hadir - Peserta SMN Jatim diberi pemahaman ideologi Pancasila

41 peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) Jawa Timur diberikan pematerian dan pemahaman Ideologi Pancasila di Yon Arhanudse 12/SBP Baterai Tempur P-Pakjo Palembang, Selasa malam (14/8). (ANTARA News Sumsel/Fernando Tri Tanjung/Erwin Matondang/18)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Sebanyak 41 orang peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) Jawa Timur diberikan materi pembekalan  pemahaman Ideologi Pancasila di Yon Arhanudse 12/SBP Baterai Tempur P-Pakjo Palembang, Selasa (14/8) malam

Pabanmuda Staff Intel Kodam II, Perri Pujarama memberi materi mengenai Ideologi Pancasila hingga nilai-nilai dari Pancasila.

"Dalam kegiatan ini diharapkan peserta SMN Jatim memiliki bekal wawasan kebangsaan yang lebih, mengimplementasikan wawasan tersebut dengan nasionalisme dan jiwa berkorban," ujarnya.

Ia mengatakan generasi muda saat ini dikenal sebagai generasi milenial, sehingga kita harus memberikan bekal yang benar dan pendidikan kenegaraan sehingga tidak luntur rasa nasionalismenya.

"Kita berpikir panjang ke depan sekitar 10 hingga 20 tahun ke depan mereka akan menjadi pemimpin yang harus memiliki jiwa nasionalis dan kebangsaan yang tinggi. Antusiasme dan semangat mereka sangat luar biasa, mudah-mudahan semangat ini terus berlanjut sampai akhir kegiatan sehingga tujuan bersama dapat tercapai," ujarnya.

Salah satu peserta SMN Jatim asal Sumenep, Siti Wardani mengatakan sebagai bangsa Indonesia harus saling menghargai perbedaan.

"Disini kami mempelajari budaya baru, dari budaya kami di Jawa Timur hingga saat ini kami juga mempelajari budaya Sumatera Selatan. Kita harus manfaatkan kegiatan ini dengan baik," katanya.

Sementara itu peserta SMN Jatim asal Mojokerto, Alfi Ramadhaniar mengaku sangat merasakan manfaat banyak dari kegiatan hari ini.

"Kita dididik mengenai kedisiplinan, mengikuti aturan yang ada, lalu kita belajar untuk keluar dari zona nyaman, disini kita ditempa memiliki mental yang kuat dan kedisiplinan yang tinggi," ujar Alfi.

Ia menambahkan, Pancasila merupakan ideologi bangsa dan negara, sebagai pemuda pemudi bangsa sudah seharusnya memahami dan mempertahankan Pancasila.

Para peserta SMN Jatim ini selama kunjungan di Palembang juga akan mengikuti serangkaian kegaitan program BUMN Hadir Untuk Negeri 2018 yang difasilitas PT Angkasa Pura II Kantor Cabang Bandara Sultan Mahmud Badarudin (SMB) II dan Indofarma 

Baca juga: BUMN Hadir - Meriam kaliber 57 pukau peserta SMN Jatim

Baca juga: BUMN Hadir- Peserta SMN Jatim dibekali permainan bola voli