Distan OKU bagikan 19 unit traktor tangan kepada petani

id traktor tangan,handtractor,petani,distan oku,bagikan traktor

Distan OKU bagikan 19 unit traktor tangan kepada petani

Dokumentasi - Traktor tangan (ANTARA FOTO)

Baturaja  (ANTARA News Sumsel) - Dinas Pertanian Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, pada 2018 telah membagikan 19 unit "handtractor" (traktor tangan) bantuan dari pusat kepada kelompok tani atau usaha pelayanan jasa alat dan mesin pertanian (UPJA) di wilayah tersebut.

"Bantuan itu kami salurkan untuk UPJA di sejumlah kecamatan, seperti Kedaton Peninjauan Raya, Peninjauan, Semidang Aji, Lengkiti, Lubuk Batang, Ulu Ogan, Sosoh Buay Rayap, Baturaja Timur dan Baturaja Barat," kata Kepala Dinas Pertanian Ogan Komering Ulu (OKU), Joni Saihu didampingi Kepala Seksi Pupuk, Pestisida dan Alsintan, Hendarko di Baturaja, Selasa.

Selain traktor tangan, kata Joni, pihaknya tahun ini juga telah menyalurkan pompa air sebanyak 15 unit dan tiga unit traktor mini roda empat kepada UPJA di OKU.

"Seluruh bantuan itu berasal dari pusat yang disalurkan provinsi ke petani di OKU melalui Dinas Pertanian setempat. Alhamdulilah semuanya sudah kami berikan kepada UPJA di daerah ini," tegasnya.

Dia menjelaskan, tujuan diberikannya bantuan alat tersebut untuk membantu para petani agar mudah mengelola lahan pertanian.

Dia berharap, petani di OKU tidak lagi menggantungkan diri dalam mengelola lahan pertanian dengan menggunakan tenaga hewan dan manusia.

"Dengan begitu proses tanam bisa dilakukan dengan cepat serta hemat biaya," jelasnya.

Selain itu bantuan tersebut juga diberikan dengan harapan ke depan para petani di OKU bisa melakukan moderenisasi, sehingga hasil yang diperoleh bisa lebih maksimal lagi dibandingkan dengan cara tradisional.

 "Ke depannya semoga alat pertanian ini dapat bermanfaat bagi para petani," ujarnya.