Dompet Dhuafa tebar 237.520 hewan kurban

id Dompet dhuafa,Hewan kurban

Dompet Dhuafa tebar 237.520 hewan kurban

Arsip - Peternak sapi dan kambing untuk hewan kurban di Jalan Soekarno Hatta Palembang, Jumat (27/7/18) (ANTARA News Sumsel/Aziz Munajar/Erwin Matondang/18)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Dompet Dhuafa sudah menyebarkan kurban sebanyak 237.520 ekor kambing dan sapi selama 23 tahun dalam program Tebar Hewan Kurban di Indonesia.

"Total sudah 237.520 ekor hewan kurban kami sebarkan untuk penerima manfaat sebanyak 4.911.208 kepala keluarga dengan sebaran di 33 provinsi di Indonesia," kata Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Sumatera Selatan Kusworo Nursidik di Palembang, Selasa.

Ia juga mengatakan, THK tahun ini menargetkan menghimpun 278 hewan kurban setara kambing dan sapi yang akan mendistribusikan daging kurban ke pelosok Sumsel selama empat hari penyaluran yakni di hari Idul Adha dan dilanjutkan tiga hari sepanjang hari Tasyrik.

“THK merupakan sebuah gerakan nasional untuk menyebarluaskan daging kurban ke daerah terpencil, terbelakang, rawan gizi, rawan penyimpangan akidah, dan daerah bencana di Indonesia,” kata

Sementara Supervisor Fundrising Dompet Dhuafa dan Ketua THK Sumsel, Dahlia Oktamia mengatakan sejak 1994 Dompet Dhuafa telah menghadirkan program THK yang menyebarkan manfaat hingga ke pelosok Indonesia dan masyarakat terpencil.

"Program ini berawal dari cita-cita mendistribusikan berkah daging hewan kurban ke daerah-daerah yang tak terjangkau melalui pendekatan pemberdayaan peternak lokal yang mandiri," kata Dahlia.

Ia juga mengatakan Program ini bertujuan agar masyarakat yang lebih membutuhkan dapat merasakan lezatnya daging kurban di hari raya Idul Adha.

Kurban juga akan disalurkan untuk korban bencana di Lombok dan daerah konflik luar negeri yakni Palestina, Suriah, dan Myanmar-Rohingya.

Dompet Dhuafa Sumsel mengajak masyarakat untuk berkurban melalui THK dan turut membantu memberdayakan peternak lokal yang sudah melalui tahapan seleksi serta pendampingan oleh Dompet Dhuafa serta mendukung ketahanan pangan nasional dengan adanya penyebaran kurban yang merata diharapkan terciptanya kebutuhan gizi yang cukup.

Untuk harga hewan Kurban Sumsel yakni Kambing/Domba Standar Rp1,875 juta, Kambing/Domba Premium Rp2,350 juta, Sapi Rp16,5 juta.

Untuk harga hewan qurban Nasional Kambing/Domba Standar Rp1,975 juta, Kambing/Domba Premium Rp2,975 juta, Sapi Rp13,5 juta.

Untuk harga Hewan Kurban Luar Negeri Sapi Palestina Rp29,975 juta, 1/7 Sapi Palestina Rp4,475 juta, Sapi Rohingya Rp16,975 juta, 1/7 Sapi Rohingya Rp2,475 juta.

Dompet Dhuafa Sumsel mempersiapkan berbagai layanan untuk mempermudah masyarakat berkurban dengan menghadirkan booth kurban di titik-titik strategis seperti kawasan perkantoran, Rumah Sakit Muhammad Hoesen, pusat perbelanjaan seperti Hypermart PSX dan 13 gerai 212 Mart di Palembang serta instansi perbankan seperti BNI Syariah dan Bank Mandiri.

Dompet Dhuafa Sumsel tetap setia menghadirkan layanan jemput kurban, konsultasi 24 jam online seputar kurban. Dompet Dhuafa Sumsel berusaha menghadirkan berbagai layanan yang memudahkan masyarakat melalui amal kebaikan.