Kemenhub evaluasi operasional LRT Palembang

id lrt,kereta layang ringan,kemenhub evaluasi lrt,transportasi lrt,asian games

Kemenhub evaluasi operasional LRT Palembang

Dokumen - Kereta layang ringan (LRT) Palembang melewati stasiun Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan, Minggu (27/5). Uji coba dinamis yang dilakukan secara terbuka tersebut menempuh jarak 900 meter dengan kecepatan 35 Km per jam. (ANTARA News Sumsel News/Nova Wahyudi/dol/18)

....Kereta terpaksa berhenti karena apabila pintu tidak tertutup sempurna maka masinis kereta tidak bisa menjalankan keretanya dan harus mengecek pintu agar tertutup sempurna....
Palembang  (ANTARA News Sumsel) - Kementerian Perhubungan mengevaluasi secara menyeluruh operasional kereta layang ringan (LRT) Palembang untuk merespon kejadian berhenti mendadak saat membawa ratusan penumpang Minggu (12/8) sore.

Dirjen Perkeretapian Kementerian Perhubungan Zulfikri di Palembang, Senin, dalam keterangan pers terkait kejadian ini mengatakan, evaluasi ini diharapkan dapat memperbaiki kinerja operasional LRT secara keseluruhan.

"Saat ini kami masih melakukan investigasi untuk mencari penyebab sebenarnya mengapa bisa berhenti mendadak. Sejauh ini dugaan awal karena terjadi shortcircuit atau arus pendek yang menyebabkan adanya kabel CCD di sarana (kereta api) yang putus," kata dia.

Ia mengatakan LRT Palembang yang memiliki pusat pengendali Train Control Management System secara otomatis akan berhenti beroperasi sistem membaca terjadi kegagalan terkait keselamatan.    

Kondisi seperti ini sejatinya juga terjadi di dua masalah sebelumnya sejak LRT resmi beroperasi membawa penumpang pada 23 Juli 2018.

Pada 1 Agustus 2018, LRT Palembang berhenti mendadak di dua kilometer sebelum Stasiun Jakabaring akibat pintu tidak dapat ditutup lantaran sensor keselamatan sangat sensitif.

"Kereta terpaksa berhenti karena apabila pintu tidak tertutup sempurna maka masinis kereta tidak bisa menjalankan keretanya dan harus mengecek pintu agar tertutup sempurna," kata dia.

Kemudian pada 10 Agustus 2018, LRT juga kembali berhenti mendadak di Stasiun Bumi Sriwijaya karena VDU (Vehicle Display Unit) yang tidak dapat membaca posisi kereta.

Terhadap tiga kejadian ini, dilakukan evakuasi penumpang karena kejadian kereta berhenti telah melebihi 20 menit. Penumpang kemudian digiring petugas melintasi jalur pejalan kaki yang ada di sisi rel yang aman dari arus listrik untuk menuju stasiun terdekat, seperti sempat viral di media sosial.

"Standar Operasional Prosedurnya memang seperti itu, ada dua pilihan yakni didatangkan kereta bantuan atau dikeluarkan penumpang kemudian melintasi jalur 'walkway' menuju stasiun terdekat," kata dia.

LRT Palembang akan digunakan untuk perhelatan Asian Games XVIII 2018, 18 Agustus - 2 September 2018 untuk moda transfortasi atlet dari Bandara SMB II ke Kompleks Olahraga Jakabaring.

Adanya kejadian ini tidak menyurutkan rencana pemerintah untuk tetap menjadikan LRT sebagai moda transfortasi andalan, apalagi sudah menyiagakan 20 enginer, posko LRT milik PT PLN dan PT KAI, dan adanya kegiatan overhaul mesin dari pukul 21.00 - 04.00 WIB setiap hari untuk memastikan keandalan sistem.