Rizal juara merdeka spirit rally 2018

id Rizal Sungkar,Monza Italia, Sochi Rusia,Yas Marina Uni Emirat Arab,berita sumsel,berita palembang

Rizal juara merdeka spirit rally 2018

Pebalap Sean Gelael bersiap masuki garis start pada balapan Merdeka Sprint Rally 2018 di Sirkuit Paramount Land Tangerang Selatan, Banten, Sabtu. (Antara/Bayu Kuncahyo)

Tangerang (ANTARA News Sumsel) - Juara nasional sprint rally 2017, Rizal Sungkar susah payah untuk menjuarai Merdeka Sprint Rally 2018 di Sirkuit Paramount Land, BSD Tangerang, Banten, Minggu, setelah sejak awal perlombaan mendapatkan tekanan sengit dari Sean Gelael.

Sean Gelael yang sudah vakum di dunia reli sejak tujuh tahun lalu itu ternyata mampu membuat kejutan. Bersama dengan navigator Deden Kusuma Bagja, pebalap berusia 21 tahun mampu menempel Rizal Sungkar sejak SS 1 dengan tiga menit 27,9 detik. Sedangkan Rizal di posisi pertama dengan tiga menit 26,4 detik.

Hanya terpaut sekitar satu detik dengan Rizal Sungkar di SS 1, Sean yang kali ini menggunakan kendaraan Mitsubishi Evo X lebih terpacu lagi untuk menggeber kendaraannya pada lintasan balap yang penuh debu itu pada SS 2. Catatan waktu pebalap berusia 21 tahun lebih baik yaitu tiga menit 25,2 detik. Namun, Rizal ternyata lebih cepat dengan catatan waktu tiga menit 24,4 detik.

Pada SS 3 anak pasangan Ricardo dan Rini Gelael ini mampu tampil lebih trengginas dalam menggeber kendaraan Mitsubishi Evolution X. Terbukti Sean mampu membukukan waktu tercepat, tiga menit 21,2 detik. Sedangkan Rizal yang juga adik kandung pebalap Rifat Sungkar ini membukukan waktu tiga menit 22 detik.

Sedangkan pada SS 4 atau terakhir, persaingan kembali sengit. Rizal yang menggunakan Subaru WRX kembali menunjukkan kemampuan terbaiknya sehingga kembali unggul setelah membukukan waktu tiga menit 18,5 detik. Sedangkan Sean berada di bawahnya dengan tiga menit 18,7 detik Dari 4 SS yang dilombakan Rizal Sungkar membukukan total waktu 13 menit 31,3. Sedangkan Sean Gelael dua detik lebih lambat. Meski demikian, secara umum balapan berlangsung ketat dan semua pebalap yang turun mengaku puas dengan pelayanannya.

"Reli ini untuk seru-seruan aja. Tapi yang namanya balapan. Setelah turun ya tidak mau ngalah. Saya tetap berusaha meraih hasil yang terbaik," kata pebalap yang didukung penuh Jagonya Ayam KFC Indonesia itu dengan tersenyum.

Keikutsertaan Sean Gelael di Merdeka Sprint Rally 2018 tidak hanya sebatas untuk nostalgia serta menjalin silaturahmi. Namun juga digunakan untuk mengisi masa jeda balapan Fomula 2. Jeda balapan satu level dibawah Formula 1 diisi dengan beberapa kegiatan termasuk mendukung pelaksanaan Asian Games 2018.

"Saya bisa lebih fresh untuk menghadapi sisa balapan Formula 2. Yang jelas kami ingin sprint rally kembali berkembang dan akan melahirkan pereli-pereli profesional," kata pebalap tim Pertamina Prema Theodore Racing itu.

Sesuai dengan jadwal, Sean Gelael akan kembali mengaspal di balapan Formula 2 di Sirkuit Spa-Francorchamps Belgia, 24-26 Agustus. Setelah itu berurutan di Monza Italia, Sochi Rusia dan Yas Marina Uni Emirat Arab.