Misi rombongan Amirul Hajj pantau jamaah haji

id haji,berita sumsel,berita palembang,berita antara,9 Dzulhijah,wukuf di Arafah,Masduki Baidlowi,MUI Bidang Informasi dan Komunikasi

Misi rombongan Amirul Hajj pantau jamaah haji

Dokumen foto jamaah haji beribadah mengelilingi Kabah di Masjidil Haram menjelang puncak ibadah haji di Makkah, Arab Saudi. (ANTARA)

Mekkah (ANTARA News Sumsel) - Juru bicara Kementerian Agama Mastuki mengatakan rombongan Amirul Hajj Indonesia Lukman Hakim Saifuddin bertugas di Tanah Suci untuk memantau pelaksanaan ibadah haji jamaah dari Tanah Air.

Mastuki mengatakan peran penting Amirul Hajj yang juga Menteri Agama RI itu adalah memimpin misi haji Indonesia dan juga melakukan koordinasi dengan pihak-pihak dan instansi terkait dalam penyelenggaraan haji di Arab Saudi.

"Misalnya mulai Senin depan akan dilakukan peninjauan fasilitas akomodasi dan dapur penyedia konsumsi jamaah," kata Kepala Biro Humas, Data dan Informasi Kemenag Mastuki sebagaimana dikutip Media Center Haji di Mekkah, Minggu.

Dia mengatakan rombongan Amirul Hajj juga dijadwalkan akan melakukan pengecekan langsung fasilitas untuk jamaah Indonesia di Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armuzna). Pemerintah sendiri fokus pada pelayanan Armuzna karena menjadi titik lemah pelayanan bagi jamaah calon haji.

"Titik lemah berada di Armuzna, terutama ketersediaan fasilitas di Mina, seperti toilet dan ruang, yaitu ukuran yang tersedia per jamaah tiap satu tenda di Mina," kata dia.

Delegasi, kata dia, juga akan bertemu dengan Muassasah Asia Tenggara dan meninjau fasilitas Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI), baik di Makkah maupun Madinah. Amirul Hajj dijadwalkan juga memimpin pelaksanaan wukuf di Arafah pada 9 Dzulhijah.

Delegasi Amirul Hajj Indonesia mendarat di Bandara King Abdul Aziz Jeddah pada Sabtu (11/8) sore waktu setempat. Delegasi terdiri dari Amirul Hajj/Menag Lukman Hakim Saifuddin, Yahya Cholil Staquf (PB Nahdlatul Ulama), Dadang Kahmad (PP Muhammadiyah), Muhammad Isom (Ditjen Pendidikan Islam Kemenag) dan Agus Sartono (Deputi Bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama Kementerian PMK).

Selain itu terdapat juga Masduki Baidlowi (Ketua MUI Bidang Informasi dan Komunikasi), Akhmad Sadeli Karim (Ketua Umum PB Mathla'ul Anwar), Ahmad B Muhammad Al Atas (Ketua Maktab Daimi Rabithah Alawiyah) dan Jeje Zainuddin (Wakil Ketua Umum Persis).

Kemudian Rusli Effendi (Sekretaris PB Al Wasliyah), A Zaini Mawardi (Katib Aam Jam'iyyah Ahlith Thoriqoh Mu'tabaroh Nahdliyah), Masjured Munawir (Yayasan Pendidikan Islam Al Muttaqien) dan lainnya.