Kemendikbud mendata 468 bangunan sekolah rusak akibat gempa Lombok

id gempa lombok,sekolah rusak,sekolah rusak akibat gempa,kemendikbud,perbaikan sekolah akibat gempa,lombok

Kemendikbud mendata 468 bangunan sekolah rusak akibat gempa Lombok

Dokumen - Pengendara sepeda motor melintas dekat rumah yang roboh pascagempa di Desa Bentek, Kecamatan Pemenang,Tanjung, Lombok Utara, NTB, Senin (6/8). (ANTARA /Ahmad Subaidi) (ANTARA /Ahmad Subaidi)

....Kemendikbud telah mengalokasikan Rp226 miliar untuk memperbaiki gedung satuan pendidikan yang rusak, tapi tidak semua. Hanya untuk emergency saja....
Palembang (ANTARA News Sumsel) - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mendata terdapat 468 bangunan sekolah yang mengalami kerusakan akibat gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Didik Suhardi di Palembang, Minggu, mengatakan, dari ratusan bangunan itu di antaranya mengalami kerusakan parah sehingga membutuhkan waktu untuk perbaikannya.

"Kemendikbud telah mengalokasikan Rp226 miliar untuk memperbaiki gedung satuan pendidikan yang rusak, tapi tidak semua. Hanya untuk emergency saja, selebihnya yang rusak parah akan dikoordinasikan ke BNPB," kata Didik.

Ia yang diwawancarai di sela-sela kegiatan Jalan Santai bersama 15.000 pelajar Sumsel, mengatakan, terkait bantuan dana tersebut, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy berencana akan menyerahkan langsung ke lembaga terkait pada Senin (13/8) di Lombok.

"Dana ini rencananya akan diberikan secara bertahap. Sekarang masih tahap emergency, jadi yang penting-penting dulu. Sementara, untuk bagunan-bangunan yang rusak parah, kami koordinasikan dulu ke BNPB," kata dia.

Kementerian dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyalurkan bantuan untuk penanganan pascabencana gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Nilainya sebesar Rp226.426.359.000.

Dana tersebut dikumpulkan dari alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2018 dan bantuan solidaritas pegawai Kemendikbud.

Selain memberikan bantuan langsung, Kemendikbud menyiapkan beasiswa berupa bantuan pendidikan melalui Program Indonesia Pintar (PIP) khusus bencana. Ada pula beasiswa perguruan tinggi bagi siswa yang orang tuanya menjadi korban meninggal dunia.

Untuk meringankan beban pendidik yang menjadi korban, Kemendikbud juga akan menyalurkan tunjangan khusus dan dana bantuan konseling bagi para guru.

Tiga gempa besar yang mengguncang pulau Lombok, menyebabkan 300-an orang meninggal, 1.033 korban dirawat, dan 300 ribu penduduk mengungsi. Status tanggap darurat ditetapkan sampai dengan 11 Agustus 2018.

Kemendikbud telah mendirikan Pos Pendidikan Gempa Lombok di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Tanjung, Kabupaten Lombok Utara. Pos ini dikoordinir oleh Minhajul Ngabidin, Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) NTB.  (D019)