BPOM nyatakan hotel Palembang berpangan aman

id bpom,hotel,asian games,pangan,standar hotel, inasgog,tamu hotel

Penyerahan secara simbolis stiker pangan aman dan dilanjutkan dengan penyerahan stiker dan celemek bertuliskan "Ayo Sadar Pangan Aman". (ANTARA News Sumsel/Feny Selly/I016/18/)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Palembang menyatakan 11 hotel yang terikat kerja sama dengan Panitia Asian Games 2018 (Inasgoc) memenuhi standar pangan aman menjelang perhelatan pesta olahraga akbar Asia itu di Jakarta dan Palembang, 18 Agustus-2 September 2018.

Kesebelas hotel tersebut antara lain Hotel Excelton, Wyndam, Arista dimana dilakukan penyerahan secara simbolis stiker pangan aman dan  dilanjutkan dengan penyerahan stiker dan celemek bertuliskan  "Ayo Sadar Pangan Aman".

"Kami melakukan pemeriksaan keamanan pangannya dan sanitasi di hotel-hotel tersebut," ungkap Kepala BPOM Dewi Perwitasari di sela kegiatan di salah satu hotel, Senin.

Menurut dia standar keamanan pangan  di antaranya keamanan pangan siap saji yang harus bebas dari bahan kimia berbahaya, serta bahan berbahaya fisik seperti  rambut, staples, plastik. Di samping itu tak kalah penting bebas dari  bahaya biologis berupa jamur dan bakteri termasuk juga bahan pengolah yang harus bebas dari keduanya.
 
Penyerahan secara simbolis stiker pangan aman dan dilanjutkan dengan penyerahan stiker dan celemek bertuliskan "Ayo Sadar Pangan Aman". (ANTARA News Sumsel/Feny Selly/I016/18/)

Pengawasan dan pengecekan terhadap 11 hotel tersebut dan sejumlah hotel  lainnya ditambahkannya berlangsung secara bertahap.

"Waktu yang sangat singkat membuat kami tidak mungkin melakukan pengawasan ke semua hotel selain hotel utama yang telah ditunjuk," papar Dewi.

Pemeriksaan yang dilakukan berkolaborasi dengan dinas kesehatan Kota Palembang ini diharuskan untuk dilakukan secara rutin dalam mengawasi sanitasi dan higienitas serta keamanannya.

Hasil pengawasan ini kemudian ditandai dengan ditempelnya stiker Pangan Aman di hotel yang bersangkutan.

'Dengan begini kita memberikan jaminan pada tamu terutama tamu asing bahwa pangan di hotel ini aman," ujar dia.


 
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar