Mobil hidrogen sudah tiba di Palembang

id Mobil hidrogen,berita sumsel,berita palembang,mobilitas tamu VVIP,Mirza Nursalim,PT Jakabaring Sport City,Transfort INASGOC

Mobil hidrogen (Ist)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Dua unit mobil hidrogen bantuan dari Pemerintah Norwegia sudah tiba di Palembang, Kamis, untuk membantu mobilitas tamu VVIP dan lainnya bermobilisasi di Kompleks Jakabaring Sport City selama Asian Games berlangsung di Palembang, 18 Agustus - 2 September 2018.

Sekretaris PT Jakabaring Sport City Mirza Nursalim di Palembang, Kamis, mengatakan, dua unit mobil berbahan bakar hidrogen yang sudah tiba ini berjenis mini van dengan kapasitas 7-8 orang.

"Baru dua yang datang dari rencana lima unit mini van. Selain itu, yang juga baru datang, juga 5 unit golf car kapasitas enam tempat duduk, dan satu unit golf car dengan dua tempat duduk bantuan CSR perusahaan," kata dia.

Terkait rencana bantuan tambahan beberapa unit shuttle bus Hydrogen, Mirza mengatakan hingga saat ini belum mendapatkan konfirmasi dari Departemen Transfort INASGOC.

Namun, sejauh ini pihak GSJ sudah mendapatkan kepastian akan didatangkan 60 unit golf car dengan kapasitas 24-60 tempat duduk, dan 100 unit sepeda.

"Sementara JSC sendiri sudah memiliki 18 unit golf car dengan kapasitas empat tempat duduk," kata dia.

Ia mengatakan fasilitas transfortasi yang ada, pihaknya optimistis dapat mewujudkan target "zero emisi" di JSC selama perhelatan Asian Games. Jika pun terpaksa, untuk beberapa kasus tertentu maka panitia akan mengusahakan mobil yang menggunakan bahan bakar bio solar, atau setidaknya mobil keluaran tahun 2017.

Saat ini, panitia penyelenggara masih mencari solusi mengenai cara mengangkut peralatan dan perlengkapan atlet masuk ke JSC.

Atlet dan ofisial yang tiba di Palembang, direncanakan meninggalkan barang-barangnya di Bandara SMB II untuk dibawa melalui kendaraan ke JSC. Sementara rombongan atlet dan ofisial akan menggunakan moda transfortasi massal Light Rail Transit (LRT).

Ini juga yang menjadi pembahasan kami, jika masuk dalam kategori tertentu maka akan diupayakan mobil bio solar atau mobil keluaran tahun 2017," kata dia.

Provinsi Sumatera Selatan menargetkan kawasan JSC, Palembang, menjadi kawasan zero emisi dan ramah lingkungan selama Asian Games.

Langkah Sumsel ini menjadi yang pertama di Asian Tenggara. Sementara hal serupa sudah dilakukan Jepang dan London.
Pewarta :
Editor: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar