Baru tiga UKM pempek tersertifikasi SNI

id Pempek,SNI,Ukm

Sebanyak 18.818 pempek berhasil memecahkan rekor MURI sebagai pempek terbanyak di Palembang, Rabu (8/8) (ANTARA News Sumsel/Kiki Wulandari/Erwin Matondang/18)

Palembang (ANTARA News Sumsel) -- Sebanyak 18.818 pempek disajikan di pelataran Benteng Kuto Besak (BKB) di acara "Pemecahan Rekor MURI Penyajian Pempek Ikan SNI 18.818", Rabu.

Zakiyah selaku Perwakilan Badan Standarisasi Nasional mengatakan Antusiasme masyarakat dalam acara pemecahan rekor Muri sangat luar biasa, ini menunjukkan kecintaan masyarakat pada kuliner pempek.

"Ini adalah salah satu upaya dalam memajukan budaya dan produk pempek ke kancah nasional hingga internasional," ujarnya.

Zakiyah mengatakan di Palembang pihaknya telah memfasilitasi enam UKM pempek yang telah tersertifikasi SNI yakni Pempek Rizky, Pempek Hanif dan Pempek Tince.

"Untuk ketiga UKM Pempek pilihan lainnya akan segera diberikan sertifikasi SNI" ujarnya.

Ia mengatakan pemberian sertifikasi tanpa dipungut biaya, mulai dari sistem, kontrol proses sampai pembiayaan, tidak keluar sedikitpun biaya dari UKM karena semua proses difasilitasi oleh pemerintah hingga tiga tahun.

"Saya harap tiga UKM Pempek terpilih ini dapat menjadi contoh bagi usaha pempek lainnya. Pengusaha pempek hampir ratusan yang tergabung diasosiasi," tutupnya.

Pewarta :
Editor: Erwin Matondang
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar