Posisi tidur terbaik menurut ahli kesehatan

id tidur,posisi tidur,kesehatan

Posisi tidur terbaik menurut ahli kesehatan

Ilustrasi. (ANTARA News Sumsel/Reuters)

Jakarta (ANTARA News Sumsel) - Orang bisa memilih posisi tidur sesuka hati mereka agar bisa tidur nyenyak. Namun, ada satu posisi yang ternyata paling baik dari sisi kesehatan dan kenyamanan Anda. 

Ahli psikologi sekaligus dokter tidur asal Amerika Dr. Michael Breus, PhD menyarankan posisi miring ke kanan ketimbang posisi lainnya. 

"Banyak orang tidur dengan posisi miring, sebaiknya miring ke kanan. Karena oksigen bisa mengalir lancar dari bawah ke atas lewat bahu kiri," kata dia di Jakarta.

Posisi terlentang atau membiarkan punggung menempel pada kasur juga sebenarnya bagus, karena beban tubuh menjadi merata terbagi. Hanya saja, sambung Breus, posisi ini memungkinkan seseorang mendengkur. 

Agar tak sulit tidur, Breus menyarankan Anda tak melakukan beberapa hal seperti berolahraga dan mengonsumsi kafein menjelang tidur.

Selain itu, hindari terlalu banyak makan dan minum sebelum tidur terutama yang berminyak, pedas dan berlemak karena dapat membuat Anda tetap terjaga.

Sebaliknya, agar mudah tidur sebaiknya lakukan kegiatan santai menjelang tidur seperti mandi air hangat atau membaca buku. 

"Perlu diingat bahwa tidur adalah pengalaman indera dan kelima indera harus dipersiapkan untuk tidur, agar kegiatan tidur bisa hadir dengan mudah dan nyenyak sepanjang malam," tutur Breus yang kini bekerja dengan Princes Cruise sekaligus penulis buku "The Power of When" itu.