Pasukan rutan Baturaja bangun WC umum

id wc umum,berita sumsle,berita palembang,pembuatan wc,napi baturaja,Pasukan rutan Baturaja,napi

Pasukan rutan Baturaja bangun WC umum

Ilustrasi- WC. (Ist)

Baturaja (ANTARA News Sumsel) - Pasukan Merah Putih yang dibentuk Rumah Tahanan Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan membangun WC umum di permukiman warga kawasan Jalan Kemiling, Desa Tanjung Baru sebagai bentuk pengabdian bagi masyarakat di wilayah itu.

"Pembangunan WC umum ini dipusatkan di Jalan Kemiling RT 04/RW 04 Desa Tanjung Baru, Kecamatan Baturaja Timur," kata Kepala Rumah Tahanan (Rutan) Baturaja, Ogan Komering Ulu (OKU), Herdianto di Baturaja, Senin.

Ia mengemukakan, pihaknya bekerja sama dengan Cabang Rutan Martapura Kabupaten OKU Timur dan Muaradua OKU Selatan untuk menurunkan Pasukan Merah Putih yang masing-masing telah dibentuk dari narapidana untuk langsung terjun ke masyarakat membuat wc umum.

Ia menjelaskan, dilaksanakannya bakti sosial warga binaan yang telah diseleksi dengan baik sehingga terbentuk Pasukan Merah Putih tersebut agar kedepan warga binaan yang telah bebas dapat kembali diterima oleh masyarakat luas.

"Karena dulu masih ada warga binaan yang telah selesai masa hukumannya atau bebas, kebanyakan masyarakat enggan menerima mereka," jelasnya.

Sehingga kata dia, besar kemungkinan warga binaan tersebut akan kembali masuk rutan lagi karena merasa dikucilkan.

Masyarakat sekitar yang enggan untuk mengajaknya kembali bekerja, membuat warga binaan berpikir yang cenderung lebih enak masuk rutan lagi daripada bebas tapi tidak ada teman.

"Tidak ada satupun di dunia ini sesorang sengaja melakukan pelanggaran hukum," katanya.

Menurut dia, ketika warga negara melakukan pidana, lanjut dia, negara berwenang menjatuhkan hukuman atas kesalahan yang narapidana perbuat.

"Namun saat mereka menjadi sadar dan mau bertaubat, negarapun berkewajiban memberikan maaf terhadap narapidana tersebut," ujarnya.