Obor Asian Games dikirab di Kabupaten Banyuasin

id obor asiang games,berita sumsel,inasgoc,berita palembang,rekor MURI,Kabupaten Banyuasin,obor asian games

Obor Asian Games dalam Tinder Box dibawa Bupati Banyuasin Supriono SA, di kawasan Alang-Alang Lebar, Palembang, Minggu (5/8) pagi (ANTARA News Sumsel/Dolly Rosana/Ang/18)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Obor Asian Games XVIII dikirab dalam rangkaian Torch Relay di 64 kota di Indonesia, memasuki Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, Minggu pagi, setelah kemarin (4/8) menyambangi Kota Palembang.

Api abadi yang dibawa dengan "tinder box" itu diserahkan Pemerintah Kota Palembang ke Pemerintah Kabupaten Banyuasin di Terminal Alang-Alang Lebar, pukul 08.00 WIB. Obor tersebut diserahkan setelah sempat diinapkan selama satu malam di Rumah Dinas Wali Kota Palembang.

Tinder box berisi api abadi itu diterima Bupati Banyuasin Supriono SA dan langsung dibawa berlari keluar terminal dengan dikawal oleh petugas keamanan.

Ratusan warga yang berkumpul di terminal perbatasan Kota Palembang dan Kabupaten Banyuasin itu antusias menyaksikan kirab obor yang menjadi penanda bahwa gelaran Asian Games 2018 tak berapa lama lagi akan digelar di Palembang.

Sebelum diserahkan kepada bupati, api tersebut dibawa dengan mobil, melalui jalan utama di Kota Palembang. Dimulai dari Jalan Tasik ke Jalan Kapt A Rivai dan berbelok ke Simpang Charitas, kemudian masuk ke Jalan Jenderal Sudirman.

Puluhan siswa sekolah menyambut kirab obor tersebut di sepanjang jalan yang dilewati iring-iringan, mulai dari Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Kol. H. Burlian hingga ke Terminal Alang-Alang Lebar.
 

Wakil Direktur Promosi "Look of the Game and City Beatification" INASGOC Nirmala Dewi yang mengikuti kegiatan kirab obor di Banyuasin mengatakan sejumlah kegiatan dilaksanakan pemerintah setempat untuk menyambut obor Asian Games.

"Ada pagelaran kesenian dan pemecahan rekor MURI pembentangan spanduk Asian Games sepanjang 7 kilometer," kata Dewi.

Obor Asian Games 2018 dibawa berkeliling ke 18 provinsi dan 64 kota di Indonesia sejak 18 Juli 2018 setelah diambil dari India.

Kota pertama yang menjadi tujuan adalah Yogyakarta karena api obor yang berasal dari India tersebut "dikawinkan" dengan api abadi Mrapen Yogyakarta.

Setelah dari Yogyakarta diarak ke kota di Indonesia Bagian Timur dan Sumatera hingga kembali ke Jakarta dengan menempuh jarak sekitar 18.000 kilometer meter.

Asian Games akan diselenggarakan Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus-2 September 2018 yang diikuti 45 negara.

Sebelumnya Indonesia pernah menjadi tuan rumah pada 1962 dengan hanya diikuti 17 negara. Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2018 menggantikan Vietnam yang mengundurkan diri pada akhir tahun 2014.
Pewarta :
Editor: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar