Wapres JK: Musuh kita kebodohan dan kemiskinan

id jk,jusuf kalla,berita sumsel,berita palembang,indonesia,wakil presiden,kebodohan,kemiskinan

Wapres JK: Musuh kita kebodohan dan kemiskinan

Jusuf Kalla. (ANTARA)

Jambi (ANTARA News Sumsel) - Wakil Presiden M Jusuf Kalla dalam kuliah umum di Universitas Jambi, Sabtu, menyampaikan kemiskinan dan kebodohan merupakan musuh bersama bangsa Indonesia.

Untuk itu, menurut Wakil Presiden di hadapan sekitar 7.500 mahasiswa baru perguruan tinggi tersebut, pendidikan merupakan upaya memutus mata rantai kemiskinan dan kebodohan.

Wapres dalam kuliah umum tersebut mengatakan, pendidikan merupakan salah satu sarana bagi suatu bangsa untuk menguasai teknologi. Melalui penguasaan teknologi maka suatu bangsa mampu meningkatkan produktifitas masyarakatnya. Dengan produktifitas masyarakat yang meningkat, maka kemakmuran dan kemajuan suatu bangsa akan tercapai.

Disinilah, menurut Wakil Presiden, peran dari mahasiswa yang tengah menuntut ilmu. "Menuntut ilmu bukan buat diri sendiri, tetapi buat bangsa dan negara ini," kata Wapres.

Wapres juga menyampaikan, perlunya membangun jiwa kewirausahawan bagi generasi muda. Hal ini mengingat negara Indonesia masih membutuhkan banyak wirausahawan untuk mendorong kemajuan.

Sementara itu, dalam kuliah umum bertema wawasan kebangsaan dan bela negara tersebut juga diisi dengan tanya jawab dengan mahasiswa baru.

Kuliah umum di Universitas Jambi merupakan rangkaian kunjungan kerja sehari Wakil Presiden ke Makassar dan Jambi.