Api obor Asian Games dibawa keliling Sungai Musi

id Api obor,Torch relay,Asian games,JSC

Api obor Asian Games dibawa keliling  Sungai Musi

Api obor Asian Games dibawa keliling sungai musi Palembang menggunakan bus air, Sabtu (4/8/18) (ANTARA News Sumsel/Kiki Wulandari/Erwin Matondang/18)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Setelah diserahkan ke Pemerintah Kota Palembang api obor Asian Games dibawa keliling Sungai Musi menggunakan bus air.

"Api obor ini dibawa ke Pulau Kemarau dengan bus air serta disemarakkan oleh atlet, TNI dan Polri," ujar Plh Wali Kota Palembang, Harobin Mustofa usai menerima api obor di BKB, Sabtu.

Pemilihan sungai musi agar semarak api obor Asian Games dapat dirasakan seluruh masyarakat.

Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin bersama Kapolri Jenderal Tito Karnavian menjadi orang pertama yang menyambut kedatangan obor api Asian Games tersebut.

Torch Relay atau kirab obor Asian Games sebelumnya dibawa oleh pasukan penerbang dari paskhas TNI AU dengan menggunakan tinder box.

Sebanyak 5 anggota paskhas mengawal api abadi itu dengan terjun dari ketinggian 7.000 kaki dan mendarat di lapangan kompleks Jakabaring Sport City (JSC) Palembang yang dipimpin langsung oleh Letkol Helmi Ardianto Nage dari Danden Matra 2/Naga Paskhas.

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu yang menerima api tersebut, langsung menyulut api dari tinder box mini couldron dan diserahkan langsung ke Gubernur Sumsel Alex Noerdin dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

Setelah menerima obor, kedua putra asal Sumatera Selatan itu langsung berkeliling kompleks Jakabaring Sport City (JSC) dengan wajah yang sumringah.

Secara estafet, obor Asian Games juga diserahkan ke Pangdam II Sriwijaya dan Kapolda Sumsel bersama para atlet yang lain hingga menuju venue Bowling, mereka berlari sejauh 24 kilometer.

"Hari ini, mimpi menjadi kenyataan memegang obor pertama tourch relay di Jakabaring, terimakasih Indonesia," ungkap Alex yang terlihat begitu gembira.

Torch Relay Asian Games, sebelumnya direncanakan dalam sehari penuh akan diarak keliling Palembang. Setelah itu, api Asian Games akan dibawa ke kabupaten/kota lainnya di Sumatera Selatan.