Dinas P3A Musi Rawas akan bentuk tim PATBM

id Anak,Kekerasan anak

Dinas P3A Musi Rawas akan bentuk tim PATBM

Ilustrasi - Stop kekerasan terhadap anak (Antarasumsel.com/grafis/den)

Musi Rawas (ANTARA News Sumsel) - Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan akan membentuk tim Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat guna mencegah kekerasan terhadap anak di daerah tersebut.

"Dalam waktu dekat, seluruh desa di Musi Rawas akan dibentuk tim PATBM," kata Kepala Dinas P3A Musi Rawas, Ahmadi Zulkarnain di Muara Beliti, Jumat.

Dia mengatakan, tujuan dibentuknya tim PATBM ini guna mengurangi kekerasan terhadap perempuan dan anak, serta mempermudah korban kekerasan untuk mendapat perlindungan dengan cepat.

"Setelah dibentuknya PATBM ini tentu pemerintah kabupaten dapat terbantukan, contohnya ketika ada kekerasan anak di desa, kita akan lebih cepat mendapat informasi, sehingga bisa segera kita tangani," katanya.

Menurut dia, PATBM merupakan sebuah gerakan dari jaringan atau kelompok warga yang bekerja secara terkoordinasi dengan Dinas P3A untuk mencapai tujuan perlindungan perempuan dan anak.

"PATBM nantinya akan bekerja seperti memberikan penyuluhan kepada masyarakat, pencegahan, penanganan dan rehabilitasi, PATBM akan bekerja sama dengan perangkat desa, sekolah, dan kader KB," ujarnya.