Ekonom: Asian Games tumbuhkan perekonomian Indonesia

id asian games,berita sumsel,berita palembang,berita antar,berita antara,ukm,umkm,Bhima Yudhistira Adhinegar

Ekonom: Asian Games tumbuhkan perekonomian Indonesia

Peserta memilih salah satu gantungan boneka Asian Games . (ANTARA News Sumsel/Feny Selly/Ang/18)

Jakarta (ANTARA News Sumsel) - Salah satu ekonom dari Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Bhima Yudhistira Adhinegara menilai Asian Games merupakan momentum yang tepat untuk menumbuhkan perekonomian di Tanah Air.

"Penyelenggaraan Asian Games tentu saja akan memberikan dampak terhadap perekonomian di Indonesia, bisa menumbuhkan," kata Bhima di Jakarta, Kamis.

Perhelatan Asian Games, menurut dia, dapat mendorong orang-orang untuk berbelanja, terutama para atlet, ofisial maupun pengunjung, sehingga perekonomian dapat terus tumbuh.

"Bisa saja para pengunjung atau wisatawan yang tadinya hanya berniat menonton pertandingan, tiba-tiba sekalian berbelanja di Indonesia, apalagi harganya juga murah," ujar Bhima.

Dengan demikian, pendapatan atau devisa dapat meningkat. Seiring dengan pertambahan devisa tersebut, jumlah wisatawan di Indonesia selama Asian Games juga semakin banyak.

"Maksudnya adalah, setelah menonton pertandingan, para pengunjung bisa lanjut wisata ke Bali, Lombok, Raja Ampat atau ke tempat-tempat wisata lainnya. Inilah yang bisa menambah devisa kita," tutur Bhima.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan pertumbuhan perekonomian di Indonesia juga dapat dilakukan melalui banyaknya para pelaku Usahan Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang terlibat dalam Asian Games.

"Semakin banyak UMKM yang dilibatkan di dalam Asian Games, maka kesempatan kerja yang ada juga semakin terbuka lebar. Dengan begitu, ada aktivitas perekonomian," ungkap Bhima.

Oleh karena itu, dia pun menyarankan agar Indonesia dapat menampilkan sisi terbaiknya selama berlangsungnya Asian Games untuk menarik minat para wisatawan sekaligus investor.