Prabowo: Empat parpol bertemu tentukan cawapres

id prabowo,cawapres,koalisi,gerindra

Prabowo: Empat parpol  bertemu tentukan cawapres

Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (kiri) berjabat tangan dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kanan) seusai melakukan pertemuan tertutup di kawasan Mega Kuningan, Jakarta, Selasa (24/7/2018). Pertemuan tersebut menyepakati kesamaan visi dan misi sebagai dasar untuk membangun koalisi dalam Pilpres 2019. (ANTARA /Dhemas Reviyanto)

Jakarta (ANTARA News Sumsel) - Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto mengatakan empat partai politik yaitu Gerindra, Partai Demokrat, PAN dan PKS akan segera bertemu menentukan bakal calon wakil presiden (cawapres) dan mematangkan koalisi.

"Nanti ada pembahasan di level sekjen sehingga beberapa hari kedepan pada saat para pimpinan parpol berkumpul untuk memutuskan hal yang paling penting yaitu menunggu hasil cawapres dari kami," kata Prabowo usai pertemuan antara pimpinan Gerindra, PKS, dan PAN di Jakarta, Selasa (31/7).

Dia menilai langkah-langkah politik kedepannya akan penuh dengan dinamika namun yang terpenting adalah proses demokrasi berjalan dan musyawarah menjadi pegangan utama.

Menurut dia, terkait ijtima ulama yang merekomendasikan dua nama cawapres yang akan mendampinginya, hal itu merupakan saran para ulama yang akan dibahas bersama dengan empat partai.

"Saya tegaskan kembali, ijtima ulama itu mengajukan rekomendasi, pengertian rekomendasi itu kan saran dan nanti itu akan dibahas. Jadi nanti pada saatnya kita mungkin empat pihak kita akan bertemu," ujarnya.

Prabowo mengatakan pertemuan tiga parpol Selasa malam telah disepakati menerima secara terbuka bergabungnya Demokrat dalam koalisi dan ketiga pimpinan parpol itu akan melaporkan hasil pertemuan kepada internalnya masing-masing.

Sebelumnya, pertemuan pimpinan tiga partai politik yaitu Partai Gerindra, PAN, dan PKS pada Selasa malam menyepakati untuk menerima secara terbuka bergabungnya Partai Demokrat dalam koalisi parpol pengusung Prabowo Subianto sebagai calon presiden 2019-2024.

"Ketiga pimpinan partai menyepakati menerima dengan sangat baik dan tangan terbuka bergabungnya Demokrat dalam koalisi karena merupakan sebuah kehormatan," kata Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani di lokasi pertemuan di Jalan Prapanca VI, Jakarta, Selasa.

Para pimpinan yang hadir antara lain Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra yang juga Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Ketua Majelis Syuro PKS Salim Assegaf Aljufrie, Presiden PKS Sohibul Iman, Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais, dan Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan.

Pertemuan tersebut berlangsung di rumah pengusaha Maher Algadri di Jalan Prapanca Dalam VI, Jakarta Selatan.