Pemkab Musi Banyuasin dorong KUD ekspansi usaha

id kud,koperasi,Koperasi Unit Desa,Beni Hernedi

Pemkab Musi Banyuasin dorong KUD ekspansi usaha

Beni Hernedi. (ANTARA News Sumsel/man/I016/18/)

Musi Banyuaisn (ANTARA News Sumsel) - Pemkab Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, terus berupaya mendorong Koperasi Unit Desa yang ada di Bumi Serasan Sekate itu melakukan ekspansi atau perluasan kegiatan usaha.

Koperasi Unit Desa (KUD) di kabupaten ini sebagian besar cukup puas dengan menekuni satu kegiatan usaha, padahal berpotensi untuk melakukan ekspansi kegiatan usaha, kata Wakil Bupati Musi Banyuaisn Beni Hernedi, di Sekayu, Selasa.

Menurut dia, Koperasi Unit Desa yang dibentuk di desa-desa yang ada di 15 wilayah kecamatan dalam kabupaten ini, sebagian besar bergerak dalam penyediaan kebutuhan masyarakat yang berkaitan dengan kegiatan pertanian.

KUD sebenarnya bisa melakukan kegiatan usaha yang lebih besar untuk memperluas perekonomian skala kecil dan usaha keluarga di desa dengan mengembangkan kegiatan usaha penyalur sarana produksi dan memasarkan hasil pertanian, simpan pinjam, dan pelayanan jasa.

Dengan melakukan ekspansi kegiatan usaha diharapkan tujuan akhirnya KUD mampu meningkatkan kesejahteraan bagi petani yang ada wilayah perdesaan, katanya.

Dia menjelaskan, salah satu KUD yang bisa dijadikan contoh untuk melakukan ekspansi usaha dan pengembangan unit ekonomi produktif yakni KUD Karya Gatra di Desa Loka Jaya.

Koperasi yang ada di desa tersebut tidak hanya mengembangkan unit usaha simpan pinjam dan penyediaan kebutuhan hidup dan kegiatan pertanian, tetapi juga mengembangkan usaha pelayanan jasa, kata Wabup.