Tingkatkan daya saing alumni, SMAN 1 pakai kurikulum Cambridge

id SMAN 1,SMA 1,cambridge

Tingkatkan daya saing alumni, SMAN 1 pakai kurikulum Cambridge

SMA Negeri 1 Unggulan Palembang memberlakukan kegiatan belajar mengajar memakai kurikulum Cambridge dari Inggris, Selasa (31/7/18) (ANTARA News Sumsel/Deny Wahyudi/Erwin Matondang/18)

....Kami menerapkan sistem pembelajaran Cambridge, agar usai lulus SMA para alumni kami dapat mengikuti tahap tes perguruan tinggi internasional yang berkualitas di luar negeri....
Palembang(ANTARA News Sumsel)- Awal tahun ajaran baru 2018/2019 SMA Negeri 1 Unggulan Palembang Sumatera Selatan memberlakukan sistem pembelajaran kurikulum Cambridge dari Inggris dengan harapan lulusan dapat bersaing diluar negeri.

"Kami menerapkan sistem pembelajaran Cambridge, agar usai lulus SMA para alumni kami dapat mengikuti tahap tes perguruan tinggi internasional yang berkualitas di luar negeri," kata Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Nasrul di Palembang, Selasa.

Dia mengatakan, sistem pembelajaran Cambridge diberlakukan pada siswa kelas X atau siswa baru, kemudian untuk ruangan hanya 3 ruangan kelas saja.  

"Untuk mendapatkan pembelajaran Cambridge ini siswa harus mengikuti mata pelajaran umum dan bahasa inggris," tambahnya. 

Sementara siswa lama tetap menggunakan kurikulum K-13. Sedangkan untuk semester awal ini akan diberlakukan semua siswa Pembelajaran menggunakan kurikulum Cambridge

"Pada semester awal ini semua siswa mendapat kurikulum Cambridge baik untuk mata pelajaran umum dan bahasa inggris," 

Sistem pembelajaran Cambridge pada dasarnya mirip kelas akselerasi. Bedanya, lanjutnya Nasrul, jika kelas akselerasi siswa unggulan telah dikelompokkan sebelumnya dalam satu ruang, sistem pembelajaran K-13 tidak ada pemisahan.

Ibaratnya, kompetisi dalam mencapai pembelajaran K-13 dikembalikan ke masing-masing siswa dalam memacu prestasi ataupun mengatasi ketertinggalan pelajaran dari siswa lain seangkatannya.

"Konsekuensinya memang ada siswa yang menyelesaikan semua pembelajaran sistem Cambridge, artinya lulus tiga tahun kemudian siswa nanti akan di daftarkan ke Universitas di luar negeri," kata Nasrul