900 hektare hutan ilalang TNWK terbakar

id TNWK,lampung,way kambas

900 hektare hutan ilalang TNWK terbakar

Dokumentasi- petugas berinteraksi dengan badak sumatera bercula dua (Dicerorhinus sumatrensis) bernama Harapan, di ruang karantina di hutan kawasan Suaka Rhino Sumatera Taman Nasional Way Kambas, Lampung, Rabu (3/12). (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Lampung Timur (ANTARA News Sumsel) - Seluas 900 hektare hutan ilang di Taman Nasional Way Kambas (TNWK), Lampung terbakar terhitung sejak Januari hingga Juli 2018.

"Sejak Januari hingga kini sudah terbakar 900 hektare hutan ilalang dari 23 titik kebakaran," kata Kepala Balai TNWK, Subakir, di Lampung Timur, Selasa.

Subakir memastikan area hutan kayu Way Kambas tidak terbakar.

Pihaknya saat ini tengah intensif mengantisipasi dan meminimalisasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutala) Way Kambas yang dikhawatirkan asapnya akan mengganggu menjelang dan selama pelaksanaan Asian Games 2018.

Upaya yang dilakukan, pihaknya mencegah Kerhutala adalah dengan menggelar patroli bersama Polri, TNI dan masyarakat.

Subakir menjelaskan, tindakan tim patroli ini mematikan api saat terjadi kebakaran dan mencegah aksi pembakaran oleh orang yang tidak bertanggungjawab.

Seperti patroli yang dijalankan hari Senin (30/7) bersama Kapolres Lampung Timur AKBP Taufan Dirgantoro, Danramil Way Jepara, Danramil Sukadana dengan jajaranya di Resort Susukan Baru SPTN Wilayah I Way Kanan.

Hasilnya menurut dia, tidak ditemukan kebakaran hutan namun tim patroli menemukan 35 jerat satwa.

"Patroli terus kita lakukan bersama Polri dan TNI dibantu masyarakat mengantisipasi kebakaran hutan," tambahnya.