Pengoperasian jalan tol Palindra tunggu peresmian

id palindra,jalan tol,tol palindra,hutama karya

Pengoperasian jalan tol Palindra tunggu peresmian

Dokumen - Pintu tol Palindra (ANTARA News Sumsel/Feny Selly/Ag/17)

Palembang  (ANTARA News Sumsel) - Pengoperasian jalan Tol Palembang-Inderalaya (Palindra) tinggal menunggu jadwal peresmian dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sehingga dapat dibuka untuk umum.

Manager Proyek Tol Palindra Hasan Turcahyo di Palembang, Senin, mengatakan PT Hutama Karya (Persero) memastikan proyek jalan tol Palindra sudah rampung 100 persen dan siap dilalui kendaraan.

"Kami ingin secepatnya, nunggu peresmian saja dan itu wewenangnya menteri. Kalau dari kami sudah siap dibuka," kata dia.

Ia mengemukakan tahapan finalisasi proyek seperti uji laik fungsi telah selesai dilakukan pada 20 Juli 2018.

Sementara secara teknis, untuk main road sudah rampung tinggal melakukan sebagian proses vakum di bagian akses KTM.

Sebelumnya, jalan tol sepanjang 22 kilometer itu telah dibuka secara fungsional saat menghadapi mudik Lebaran 2018 dari tanggal 8 Juni hingga tanggal 22 Juni 2018.

Hasan menambahkan, saat ini HK sudah mengoperasionalkan seksi I tol Palindra yakni ruas Palembang – Pemulutan sepanjang 7 kilo meter

"Selain mengeber pekerjaan akses di KTM, proyek yang ditargetkan sudah beroperasi penuh sebelum Asian Games 2018 itu juga rencananya bakal dilengkapi rest area," kata dia.

Provinsi Sumatera Selatan sejak lama menantikan hadirnya infrastruktur tol, layaknya provinsi-provinsi di Jawa, untuk memacu pertumbuhan ekonomi daerah yang bertumpu pada sektor perkebunan.

Lahirnya proyek strategis nasional Tol Trans-Sumatera dari Aceh hingga Lampung memunculkan gairah baru di Sumsel yang sejak lama berkutat pada persoalan akut, yakni kelancaran transportasi antarkabupaten dan provinsi.