BMKG: Gelombang laut penyeberangan Babel relatif aman

id gelombang laut,beruta sumsel,berita palembang,kapal penyeberangan laut,kapal feri,bmkg

BMKG: Gelombang laut penyeberangan Babel relatif aman

Sejumlah penumpang kapal turun dari kapal. (ANTARA News Sumsel/Nova Wahyudi/dol)

Pangkalpinang (ANTARA News Sumsel) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kota Pangkalpinang memprakirakan ketinggian gelombang laut di jalur-jalur penyeberangan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Minggu (29/7) relatif aman.

"Ketinggian gelombang di perairan dan jalur-jalur penyeberangan diprakirakan hanya antara 0,25 sampai 1,25 meter," ujar prakirawan Kantor BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Pangkalpinang, Fauzia Rizki di Pangkalpinang, Sabtu.

Ketinggian gelombang di jalur penyeberangan Selat Bangka diprakirakan hanya antara 0,25 sampai 0,75 meter, di Selat Gelasa dan Selatan Bangka 0,5 sampai 1,0 meter, sedangkan di Utara Bangka dan Selat Karimata sekitar antara 0,5 sampai 1,25 meter.

"Namun demikian kami tetap mengimbau para pengguna jasa angkutan laut serta nelayan tradisional waspada selama berada di perairan itu karena ketinggian gelombang maksimum dapat mencapai dua kali ketinggian gelombang signifikan," kata Fauzia.

Di sisi lain BMKG masih mengimbau masyarakat mewaspadai potensi adanya awan petir (awan Cumulonimbus) yang dapat menyebabkan tinggi gelombang bertambah.

Kecepatan angin di jalur-jalur penyeberangan Kepulauan Bangka Belitung berkisar antara 4 hingga 40 kilometer per jam yang bergerak dari Tenggara ke Selatan.

Pada kesempatan itu BMKG mengimbau warga agar mewaspadai ketinggian pasang air laut di sejumlah pesisir pantai yang masih mencapai dua meter atau lebih.

Ketinggian pasang air laut di pesisir Pantai Sungailiat Kabupaten Bangka diprakirakan dapat mencapai 2,51 meter, di Membalong Kabupaten Belitung 2,22 meter, dan di Mentok Kabupaten Bangka Barat sekitar 2,10 meter.

Kemudian di pesisir Pantai Toboali Kabupaten Bangka Selatan sekitar 1,90 meter, di Belinyu Kabupaten Bangka 1,85 meter, di Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur 1,81 meter, dan di Tanjungpandan Kabupaten Belitung sekitar 1,62 meter.

"Oleh karena itu kami mengimbau warga ataupun wisatawan agar mewaspadai pasang air laut dengan tidak beraktivitas di pesisir pantai yang terhubung langsung dengan laut lepas," ujar Fauzia Rizki.

Cuaca di daratan Provinsi Babel sepanjang Minggu diprakirakan cerah, cerah berawan dan berawan.

Kecepatan angin di daratan diprakirakan 10 sampai 30 kilometer per jam dengan suhu 20 sampai 33 derajat Celcius dan kelembaban udara 50 hingga 95 persen.