Sumsel matangkan persiapan kirab obor Asian Games

id kirab obor asian games,asian games,pemkot palembang,sekda palembang,kirab

Sumsel matangkan persiapan kirab obor Asian Games

Dokumen - Api obor dari India dan Mrapen yang telah disatukan menyala di kaldron saat Asian Games 2018 Torch Relay Concert di Kompleks Candi Prambanan, Sleman, DI Yogyakarta, Rabu (18/7). (ANTARA/Ismar Patrizki/nz/18) (ANTARA/Ismar Patrizki/nz/18/)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mematangkan persiapan agenda kirab obor Asian Games yang akan tiba di Palembang pada 4 Agustus 2018.

Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Palembang Harobin Mustofa di Palembang, Sumsel, Sabtu, mengatakan panitia sudah membangun sinergi antarpihak terkait untuk suksesnya acara tersebut.

"Kami mantapkan siapa yang mengerjakan dan apa tugas serta tanggung jawab masing-masing. Kami tekankan agar seluruh panitia melaksanakannya sesuai permintaan INASGOC (panitia penyelenggara Asian Games 2018)," katanya.

Ia menambahkan obor Asian Games diperkirakan tiba di Bandara SMB II Palembang pada 4 Agustus 2018 sekitar pukul 02.00 WIB.

"Selanjutnya, akan diarak dari bandara ke  Jakabaring dan diserahkan oleh Gubernur Sumsel kepada Wali Kota Palembang. Kemudian dibawa ke Benteng Kuto Besak dan dilanjutkan ke Pulau Kemaro dengan kapal. Pada malam harinya kembali lagi ke BKB," kata  Harobin.

Perjalanan api obor Asian Games dari BKB akan dibawa kembali ke rumah dinas wali kota dan diinapkan semalam.

Pada pagi hari obor akan diserahkan ke tim pembawa obor untuk dibawa ke Banyuasin. Terakhir, baru diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten Banyuasin.

Terkait pawai obor di Palembang, Mustofa mengatakan obor tersebut akan diarak menggunakan bus air milik BUMD, yakni PT SP2J Pemkot Palembang.

Direktur Operasional PT SP2J, Antoni Rais mengatakan ada dua bus air milik SP2J yang digunakan untuk mengarak obor Asian Games 2018 di Sungai Musi.

Api obor Asian Games 2018 berkeliling ke beberapa kota di Indonesia sejak 18 Juli 2018 setelah api obor diambil dari India. Kota pertama yang menjadi tujuan adalah Yogyakarta karena api obor yang berasal dari India digabung dengan api Mrapen Yogyakarta.

Setelah dari Yogyakarta diarak ke sejumlah kota di Indonesia Bagian Timur dan Sumatera dan akan tiba di Palembang 4 Agustus 2018.

Setelah obor tiba di Palembang, akan dibawa oleh penerjun TNI AU dan akan diterjunkan ke Jakabaring Sport City (JSC).
Selanjutnya, obor akan diarak keliling kota Palembang sebagai bagian untuk menyemarakkan kegiatan Asian Games 2018 di Palembang.***4*** (D019).

(T.D019/B/E. Sukarelawati/C/E. Sukarelawati) 28-07-2018 10:44:20