Waspadai kelelahan dan dehidrasi selama prosesi haji

id dehidrasi,berita sumsel,berita palembang,berita antara,Jerry N Pattimura,Koordinator Tim Gerak Cepat,Jerry,Media Center Haji,makkah,TGC

Waspadai kelelahan dan dehidrasi selama prosesi haji

Minum air putih. (Ist)

Mekkah (ANTARA News Sumsel) - Koordinator Tim Gerak Cepat (TGC) Haji, Jerry N Pattimura, mengatakan kasus kekurangan cairan atau dehidrasi dan kelelahan masih menjadi kasus terbanyak dialami calon haji Indonesia.

"Hingga Rabu (25/7) siang, TGC telah melakukan deteksi dini untuk 79 kasus, terbanyak adalah dehidrasi dan kelelahan," kata Jerry dikutip Media Center Haji di Mekkah, Kamis. Kepada calon haji diimbau untuk mewaspadai dehidrasi dan jangan terlalu lelah dengan cukup beristirahat. 

Selain itu, dia mengatakan TGC telah melakukan tindakan darurat sebanyak 82 kasus.

Penanganan kasus itu bervariasi seperti dehidrasi sedang-berat, heat stroke, penurunan kesadaran, serangan jantung dan stroke akut.

TGC, kata dia, juga sering menemukan kasus seperti gangguan pencernaan mual, muntah, nyeri ulu hati hebat, gangguan pernapasan sesak nafas ataupun masalah jantung.

"Kami juga seringkali menemukan kasus luka bakar pada kaki akibat tidak menggunakan alas kaki," kata dia.

TGC, kata dia, telah merujuk empat pasien ke RS Arab Saudi dengan kasus heat stroke, patah tulang akibat jatuh dan infeksi.

Dia mengatakan TGC bekerja selama 24 jam untuk jamaah Indonesia terutama untuk persoalan-persoalan darurat dan permasalahan kesehatan yang membutuhkan rujukan secara cepat.