Pembangunan tugu Adipura dinilai pemborosan anggaran

id adipura baturaja,berita sumsel,berita palembang,pembangunan adipua,biaya tugu adipura

Pembangunan tugu Adipura dinilai pemborosan anggaran

Piala Adipura (Istimewa)

Baturaja (ANTARA News Sumsel) - Partai Perindo menyoroti pembangunan dua tugu piala Adipura di Kota Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan oleh pemerintah daerah setempat karena dinilai pemborosan anggaran dengan menelan dana senilai Rp3,1 miliar.

"Saya menilai ada pemborosan dalam penganggaran pembangunan dua tugu itu karena nilainya sangat fantastis mencapai senilai Rp3,1 miliar," kata Ketua DPD Partai Perindo Ogan Komering Ulu (OKU), Asbarudin di Baturaja, Kamis.

Menurut dia, dari segi asas manfaat pembangunan tugu Adipura yang merupakan penghargaan dari Kementrian Lingkungan hidup dan Kehutanan RI pada 2017 untuk Kabupaten OKU di bidang kebersihan tersebut tidak bernilai dibandingkan kebutuhan pendidikan dan kesehatan yang saat ini masih banyak belum terpenuhi.

"Apalagi kebutuhan untuk pembangunan insfrastruktur jalan. Lihat saja jalan di Kabupaten OKU ini masih banyak yang butuh perbaikan," katanya.

Ironisnya lagi kata dia, anggaran dalam pembangunan tersebut dinilai sangat fantastis yaitu untuk tugu Adipura yang dibangun di simpang Universitas Baturaja (Unbara) mencapai Rp2,5 miliar dan di pertigaan Batu Kuning sebesar Rp600 juta.

Pihaknya memandang ada pembohongan publik dengan penganggaran proyek sebesar itu jika dikaitkan dengan kebutuhan masyarakat yang masih banyak belum terpenuhi seperti untuk pembangunan insfrastruktur jalan.

"Pihak kejaksaan harus tahu apa ada yang istimewa atau diletakan di tugu dengan dana sebesar itu," tegasnya.

Sementara Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) OKU Ulia Mahdi sebelumnya mengatakan bahwa pembangunan tugu Adipura yang mulai dilaksanakan pengerjaannya sejak beberapa pekan terakhir tersebut dibangun setinggi tiga meter di dua tempat yaitu di perempatan Unbara serta di pertigaan Batu Kuning, Baturaja dengan dana mencapai Rp3,1 miliar.

Selain dibangun tugu Adipura, kata dia, salah satu lokasi pembangunan yaitu perempatan Unbara juga akan dilakukan penataan seperti pemasangan trotoar, taman lampu hias dan tulisan selamat datang di Kota Baturaja.

"Alokasi anggaran untuk pembangunan tugu Adipura dan penataan perempatan Unbara sebesar Rp2,5 miliar. Sedangkan dana untuk pembangunan tugu di pertigaan Batu Kuning mencapai Rp600 juta," ujarnya.