Rutan Baturaja pamerkan hasil karya warga binaan

id KARYA SENI WARGA BINAAN,rutan,rumah tahanan,rutan baturaja,warga binaan

Rutan Baturaja pamerkan hasil karya warga binaan

Kepala Rutan Baturaja, Herdianto (ANTARA Sumsel/17/Edo Purmana/I016)

Baturaja (ANTARA News Sumsel) - Rumah Tahanan Negara Sarang Elang Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan memamerkan hasil karya seni kerajinan tangan warga binaan, seperti lukisan dan patung.

Kepala Rumah Tahanan Negara Sarang Elang Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu Herdianto di Baturaja, Rabu, mengatakan hasil karya mereka disuguhkan dalam pameran untuk peringatan HUT Ke-108 OKU pada tahun ini yang dipusatkan di Gedung Olah Raga (GOR) Baturaja.

"Dalam rangka HUT Kabupaten OKU kami ikut andil di dalamnya dengan mendirikan stan memamerkan berbagai hasil karya warga binaan Rutan Baturaja," katanya.

Dia mengemukakan hasil kerajinan mereka, seperti kaos khas Rutan Baturaja, tas terbuat dari tali kur, serta lukisan dan patung berbahan baku koran bekas.

Karya seni lainnya, kata dia, asbak dan miniatur tanduk rusa. Karya-karya yang dipamerkan itu, juga menjadi pusat perhatian para pengunjung dalam acara tersebut.

"Patung-patung yang dipamerkan semua terbuat dari bahan kertas koran," ungkapnya.

Dia menjelaskan kegiatan itu untuk mengenalkan karya seni warga binaan rutan setempat agar dapat dikenal masyarakat luas.

"Masyarakat OKU (Ogan Komering Ulu) khususnya agar tahu bahwa para warga binaan di dalam rutan juga memiliki karya yang bisa di banggakan," katanya.

Ia menjelaskan seseorang yang menjadi narapidana bukanlah semua karena kemauan yang bersangkutan, melainkan keterpaksaan karena harus menjalani hukuman.

"Kami berharap setelah mereka bebas dapat terus berkreasi tidak hanya di dalam rutan tetapi juga di tengah-tengah masyarakat," ujar dia.