Petani karet keluhkan harga tak kunjung membaik

id karet,petani karet,musirawas,panen karet

Petani karet keluhkan harga tak kunjung membaik

Petani menyadap karet (ANTARA News Sumsel)

....Sekarang saya beli getah karet bersih hasil harian Rp 5.500 perkilogram sedangkan getah karet kering saya beli dengan harga Rp7.000...
Musirawas (ANTARA News Sumsel) -  Petani karet di Kabupaten Musi Rawas Provinsi Sumatera Selatan, mengeluhkan harga karet tidak kunjung membaik dalam beberapa tahun terahir.

Seorang petani karet Kecamatan BTS Ulu Kabupaten Musi Rawas Amir, menceritakan harga karet di tingkat pengepul sejak tahun 2016 lalu tidak kunjung membaik.

"Saya masih berharap harga karet tahun ini membaik, agar perekonomian keluarga kami juga ikut membaik," kata Amir di Desa Sembatu Jaya, Rabu.

Dia menjelaskan, harga getah karet basah di tingkat pengepul saat ini hanya berkisar Rp 5.000 hingga 6.000 perkilogramnya.

"Harga getah karet paling Rp7.000 dan kalau paling rendah Rp4.000 dalam dua tahun terahir ini, yang jelas pendapat tidak sebanding dengan pengeluaran kebutuhan hidup," jelas dia.

Sementara Dula, pengepul karet di Desa mengatakan saat ini ia membeli getah karet hasil panen harian dan minggu namun harganya berbeda.

"Sekarang saya beli getah karet bersih hasil harian Rp 5.500 perkilogram sedangkan getah karet kering saya beli dengan harga Rp7.000," kata Dula.

Dia juga menjelaskan, harga beli getah karet petani itu, tergantung dengan harga jual di pabrik.

"Kalau saya beli getah karet ini tergantung dengan harga beli pabrik, jadi saya tidak ada mainan sama harga," tutupnya.