Ada dokter umum di puskesmas pembantu

id Dokter,Dokter umum,Puskesmas,Pustu,Dinkes

Ada dokter umum di puskesmas pembantu

Dokter. (ANTARA) (ANTARA/)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Dinas Kesehatan Kota Palembang menempatkan dokter umum di puskesmas pembantu namun keberadaannya tidak setiap hari hanya bergantian. 

"Jadi keberadaan dokter sesuai jadwal saja, mereka bergantian tugas di pustu lainnya. Sejauh ini di satu pustu itu hanya ada perawat dan bidan," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang, Letizia, Jumat. 

Walaupun tidak ditambah, pihaknya menurut Letiakan fokus pada perbaikan pustu yang berada di wilayah rentan banjir. Sebanyak 12 pustu yang akan diperbaiki, tepatnya berada di kawasan banjir, salah satunya di Kalidoni.

Masyarakat menilai keberadaan pustu ini masih kurang khususnya beberapa kawasan pinggiran seperti kecamatan Kalidoni, Sako dan Gandus karena untuk menjangkau puskesmas tersebut jarak yang harus ditempuh masyarakat terlalu jauh.

"Di palembang tersebar 70 pustu dan 41 puskesmas. Khusus keberadaan pustu saya menilai sudah cukup, karena pelayanan yang diberikan tidak seoptimal di puskesmas," ungkapnya. 

Sebenarnya pustu ini diharapkan dapat mengcover dan membantu pelayanan puskesmas. Sebab idealnya memang 1 puskesmas itu untuk melayani 30 ribu penduduk.

Ia mengharapkan petugas Puskesmas dan Pustu membina masyarakat untuk dapat menerapkan pola hidup sehat dan bersih. Hal ini sejalan dengan program gotong royong yang sudah diterapkan Pemkot Palembang. Bersih lingkungan tentu akan jauh dari penyakit.

"Jadi bukan banyaknya rumah sakit dan puskesmas yang ada tapi lebih ke menerapkan pola hidup sehat. Karena dengan sehat tidak harus ke rumah sakit atau ke puskesmas,” pungkasnya.