Anggaran perbaikan jalan Palembang belum ideal

id jalan rusak,jalan,PUPR,pemkot palembang

Anggaran perbaikan jalan Palembang belum ideal

Arsip-Sejumlah titik jalan protokol Palembang mengalami kerusakan dan belum mendapat perbaikan padahal tak lama lagi Asian Games akan digelar di Palembang

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah Kota Palembang terus melakukan perbaikan jalan meskipun anggaran yang tersedia belum ideal untuk total jalan 861 km. 

"Total anggaran belum ideal, perhitungannya beton dalam 1 ton Rp4,2 miliar, sedangkan jalan di Palembang 861 Km, dikalikan saja itulah hasil jumlah idealnya,"ujar Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Kota Palembang Akhmad Rifai, Jumat. 
Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Kota Palembang Akhmad Rifai (ANTARA News Sumsel/Kiki Wulandari/Erwin Matondang/18)

Dikatakan APBD yang sudah berjalan 75 persen tetapi fisik dan keuangan memang belum tercapai seluruhnya. Khusus untuk serapan anggaran perbaikan jalan capaiannya 50 persen dari APBD termasuk Dana Alokasi Khusus (DAK) dan aspirasi Rp340 miliar.

"PUPR bisa saja melakukan perbaikan sampai tuntas. Namun, hal tersebut tidak dibarengi dengan kualitas jalan yang baik. Selama ini perbaikan jalan yang dilakukan lebih mengedepankan volume dibandingkan kualitasnya," jelasnya. 

Menurutnya, lantaran minimnya anggaran tersebut, pihaknya fokus melakukan perbaikan jalan dengan kerusakan berat menjadi ringan bukan rehab mayor karena dana tidak cukup. Perbaikan jalan poros dan jalan jalur utama seperti di Lebung Gajah, Musi Raya telah berjalan. 

"Tahun ini, serapan anggaran naik 10 persen, terutama saat pembangunan LRT, kerusakan jalan kawasan penduduk meningkat. Jumlah kerusakan berat 35 persen dari total jalan Palembang 861 Km. Asian games dipastikan mulus semua," katanya