Lima bus air dioperasikan di Sungai Musi selama Asian Games

id wisata,bus air,sungai musi,asian games,objek wisata,dishub,kemenhub

Lima bus air dioperasikan di Sungai Musi selama Asian Games

Kapal bus air bantuan dari Kemenhub. (Dok. Dishub Palembang/Ang/18)

 Palembang  (ANTARA News Sumsel) - Sebanyak lima unit bus air dioperasikan di Sungai Musi untuk melayani para tamu yang ingin berwisata menikmati keindahan Kota Palembang pada saat Asian Games 18 Agustus-2 September 2018.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Selatan Nelson Firdaus di Palembang, Kamis, mengatakan lima bus air itu dihibahkan Kementerian Perhubungan untuk pelaksanaan Asian Games dan setelah pelaksanaan Asian Games 2018.

Menurut dia, lima bus air itu setelah Asian Games 2018, satu unit diperuntukkan provinsi, tiga unit untuk Kota Palembang, sedangkan satu unit lagi untuk Kabupaten Banyuasin.

Namun, selama pelaksanaan Asian Games 2018 seluruhnya akan dioperasionalkan provinsi untuk wisata para tamu Asian Games, katanya.

Ia menyatakan, bus air ini disiapkan untuk para tamu Asian Games seperti atlet, ofisial dan lainnya yang ingin berwisata ke sejumlah objek wisata di Kota Palembang.

Untuk satu unit bus air tersebut berkapasitas 20 orang dengan kecepatan 21 knot dengan mesin 500 PK.

"Bus air itu direncanakan siaga di Plaza Benteng Kuto Besak Palembang untuk melayani para tamu Asian Games yang ingin berwisata dan gratis," ujarnya.

Ia menambahkan, pengaturan jadwalnya bisa sehari sekali atau dua kali sehari. "Nanti akan diatur jadwalnya dan diutamakan untuk para tamu Asian Games 2018 sehingga mereka bisa melihat dan menikmati keindahan wisata di Kota Palembang," katanya.