Kualitas udara Kota Palembang cukup baik

id kualitas Udara,Faisal AR,ambang batas level tidak sehat,berita sumsel,berita palembang,berita antara

Kualitas udara Kota Palembang cukup baik

Pemantauan kualitas udara di beberapa titik jalan raya ini dilakukan BLH Kota Palembang untuk mengukur tingkat pencemaran udara kota khususnya di kawasan jalan raya. (ANTARA News Sumsel/Feny Selly)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Kualitas udara di Kota Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) cukup baik atau berada di bawah ambang batas level tidak sehat, yakni berada pada angka berkisar 50-150 mikrogram/m3.

"Kualitas udara di ibu kota Provinsi Sumsel ini cukup baik, kondisi ini perlu dipertahankan karena dalam cuaca panas musim kemarau ini berpotensi terjadi pencemaran udara dampak kebakaran hutan dan lahan," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Palembang Faisal AR, di Palembang, Senin.

Dia menjelaskan Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) angkanya diupayakan bergerak turun hingga menyentuh level terendah atau sangat baik.

Sesuai kategori Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU), jika kualitas udara berapa pada level 0--50 mikrogram/m3 dalam kondisi baik, sedangkan pada level 50--150 sedang, 150--250 tidak sehat, 250--350 sangat tidak sehat, dan pada level lebih dari 350 mikrogram/m3 berbahaya.

Melihat kondisi data kualitas udara di wilayah Kota Palembang cukup baik, warga kota yang akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018 ini tidak perlu khawatir melakukan berbagai aktivitas di luar ruangan, lanjutnya.

Menurut dia, untuk menjaga kualitas udara di kota ini tetap dalam kondisi baik, pihaknya menurunkan tim secara rutin ke sejumlah titik untuk melakukan pengecekan kualitas udara serta melakukan sosialisasi kepada warga kota mengenai pencegahan pencemaran udara.

Melalui upaya tersebut, diharapkan jika diketahui ada indikasi kualitas udara memburuk, pihaknya bisa melakukan berbagai langkah untuk mengatasinya dan memberikan perlindungan kepada warga kota, kata Faisal.