Jokowi inginkan produk lokal kuasai "Rest Area" jalan tol

id Rest Area,tempat peristirahatan,jalan tol,berita sumsel,berita palembang,produk indonesia,ukm indonesia,pedagang indonesia

Jokowi inginkan produk lokal kuasai "Rest Area" jalan tol

Penjualan produk UMKM . (ANTARA News Sumsel/Feny Selly/Ang)

Boyolali (ANTARA News Sumsel) - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menginginkan produk lokal menguasai "rest area" atau tempat peristirahatan di sepanjang jalan tol.

"Mengenai 'rest area', jangan sampai titik-titik yang ada kegiatan ekonomi justru diisi oleh merek asing. Saya minta di setiap 'rest area' bukan diisi Starbucks, KFC tetapi diganti dengan soto, tahu guling, telur asin, wedang ronde, tengkleng, gudeg," katanya pada peresmian Gerbang Tol Ngemplak di Boyolali, Minggu.

Ia mengatakan upaya tersebut merupakan wujud keberpihakan pada merek lokal. "Jangan sampai ada suara, 'pak sekarang telur asin omzetnya anjlog," katanya.

Menurut dia, nantinya bukan hanya makanan dan minuman yang menjadi prioritas untuk mengisi "rest area" tetapi juga semua jenis produk unggulan.

Terkait dengan kemungkinan dikeluarkannya Instruksi Presiden (Inpres) terkait arahan tersebut, Presiden mengatakan jika perintah sudah dilaksanakan maka tidak perlu dikeluarkan Inpres.

Sedangkan mengenai tarif sewa, dikatakannya akan disubsidi oleh kementerian terkait.

Sementara itu, terkait dengan keberadaan jalan tol yang nantinya menghubungkan seluruh daerah di Jawa mulai Jakarta hingga Banyuwangi tersebut, dikatakannya, merupakan suatu keharusan.

"Pembangunan harus dilaksanakan dalam rangka kompetisi pada persaingan global. Memperkuat daya saing kita. Kalau tidak maka kita makin ditinggal," katanya.

Ia mengatakan saat ini infrastruktur Indonesia sudah kalah dengan beberapa negara tetangga di antaranya dengan Malaysia, Singapura, Filipina, dan Vietnam.

"Saya tidak mau kita kalah dengan Laos, Kamboja karena ketidakcepatan kita dalam membangun hal yang fundamental," katanya.

Adapun pada kegiatan tersebut turut hadir mendampingi Presiden, Menteri BUMN Rini M Soemarno dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basoeki Hadimoeljono