Rutan Baturaja bina narapidana membentuk group marawis

id marawis,napi,narapidana,napi rutan baturaja,berita sumsel,berita palembang,Group Marawis WBP Rutan Baturaja

Arsip- Napi Baturaja (ANTARA News Sumsel/Edo Purmana/17)

Baturaja (ANTARA News Sumsel) - Rumah Tahanan Kelas II B Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan membina narapidana dengan??membentuk group marawis atau keterampilan seni musik rebana.

Kepala Rutan Kelas II B Baturaja, OKU, Herdianto di Baturaja, Rabu, mengatakan bahwa pihaknya memberikan pembinaan keterampilan kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) untuk dijadikan bekal saat kembali berbaur dengan masyarakat setelah bebas menjalani hukuman.

Dalam hal pembinaan kami mengutamakan pembinaan keagamaan, salah satunya dengan membentuk group marawis WBP Rutan Baturaja," tambahnya.

Sebab, selama ini masyarakat menilai pribadi para WBP yang menjalani hukuman di lembaga pemasyarakatan kurang baik sehingga diharapkan dengan adanya group musik bernuansa Islami ini kesan buruk tersebut dapat dihilangkan.

Anggota group marawis warga binaan ini hampir mayoritas tersandung pidana umum dan kasus narkoba yang hukumannya dibawah lima tahun.

"Meskipun begitu, Group Marawis WBP Rutan Baturaja yang kami tampilkan pada acara tasyakuran HUT Bhayangkara ke 72 di Mapolres OKU hari ini dapat memukau para tamu undangan," ungkapnya.

Tampilnya group marawis ini merupakan penampilan yang kedua setelah sebelumnya pernah diikut sertakan pada saat Festival marawis di Baturaja.

"Dan penampilan mereka yang pertama dan kedua ini sungguh luar biasa meskipun baru beberapa bulan berlatih," terangnya.

Meskipun dengan peralatan seadanya namun group marawis WBP mampu membuat para tamu undangan yang dihadiri Bupati OKU, Kuryana Aziz, Dandim 0403 OKU, Letkol Arm Agung Widodo, Kajari OKU, Bayu Pramesti dan tamu undangan lainnya.

Hanya saja, peralatan marawis yang ada saat ini masih seadanya sehingga menjadi kendala saat akan latihan alat musik rebana tersebut.

"Ini saja peralatan dan kostum mereka beli sendiri, kami sangat berharap Pak Bupati berkenan bisa melengkapi peralatan marawis warga binaan, minimal Keyboard dan sound systemnya," harap dia.

Sementara itu Bupati OKU, Kuryana Azis disela-sela acara tasyakuran HUT Bhayangkara ke 72 di Mapolres OKU mengaku memberikan apresiasi dan penghargaan kepada pihak Rutan Baturaja yang telah memberikan warna baru dalam pembinaan para WBP.

"Atas nama pribadi dan pemerintah kami berikan suport kepada warga binaan yang bisa menampilkan kreatifitas kesenian bernafaskan Islami," katanya.

Dia menegaskan siap membantu melengkapi fasilitas sarana group marawis tersebut agar lebih mudah berlatih dalam mengembangkan bakat positif itu.

"Kalau ada permintaan untuk hal yang positif seperti ini kami siap membantu, apalagi untuk warga binaan yang dipersiapkan untuk kembali kemasyarakat," tegasnya.
Pewarta :
Editor: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar