Pawai obor Asian Games lintasi tujuh kabupaten

id obor asian games,berita sumsel,berita palembang,asian games,arak-arakan obor asian games

Dokuementasi- Api obor. (ANTARA)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Pawai obor Asian Games 2018 direncanakan melintasi tujuh kabupaten di Sumatera Selatan untuk menyemarakkan ajang multicabang olahraga antarnegara Asia itu di Palembang, 18 Agustus-2 September.

"Pawai Obor Asian Games akan dilaksanakan pada 4 Agustus 2018 pada pukul 09.00 WIB dengan start dari Palembang," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Akhmad Yusuf Wibowo di Palembang, Rabu,

Ia menyebutkan ketujuh kabupaten/kota tersebut adalah Kota Palembang, Kabupaten Banyuasin, Musi Banyuasin (Muba), Penungkal Abad Lematang Ilir (PALI), Kota Prabumulih, Kabupaten Ogan Ilir (OI), dan Ogan Komering Ilir (OKI).

"Pawai obor Asian Games menjadi salah satu agenda menarik yang disiapkan untuk memeriahkan perhelatan Asian Games pada Agustus 2018. Saat ini, pemerintah daerah tengah bersiap agar agenda tersebut dapat terlaksana dengan lancar," kata dia.

Pawai Obor Asian Games di Sumsel diperkirakan akan berlangsung meriah karena sejumlah kabupaten yang dipilih terbilang cukup mewakili Sumatera Selatan. Selain itu, pergerakan rute akan dimulai dari Kota Palembang hingga perbatasan Provinsi Lampung.

Ia menjelaskan, Pawai Obor Asian Games akan di mulai dari Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) Palembang.

Obor Asian Games sebelumnya akan dibawa oleh penerjun payung dari pihak TNI Angkatan Udara (AU) yang kemudian diserahkan kepada Gubernur Sumsel H Alex Noerdin sebelum diarak keliling tujuh kabupaten.

Iamenambahkan, pada arak-arakan Obor Asian Games 2018 ini akan melibatkan atlit dan pelatih serta pihak terkait dengan membawa bendera 45 Negara yang akan ikut serta bertanding pada Asian Games tahun ini.

"Usai diserahkan, Obor Asian Games itu akan dibawa oleh Gubernur Alex Noerdin dengan berlari sejauh 100 meter. Lalu, diserahkan kepada Pangdam II/Sriwijaya dan kemudian diberikan kepada Kapolda Sumsel sampai diserahkan kepada para atlit," kata dia.

Untuk menyukseskan kegiatan tersebut, Yusuf meminta masyarakat berpartisipasi sehingga ajang Asian Games ini dapat memantik semangat warga Sumsel untuk turut menyukseskannya.

"Kita harap semua pihak yang terlibat dapat berkoordinasi dengan baik, sehingga Pawai Obor Asian Games dapat berjalan dengan lancar," kata dia.

Setelah diselenggarakan di Jakarta pada akhir pekan lalu, kali ini Pawai Obor Asian Games akab ?dilaksanakan di Palembang sebagai tuan rumah.

Kota Palembang saat ini fokus mempersiapkan diri menjadi tuan rumah dengan menyelenggarakan 13 cabang olahraga.
Pewarta :
Editor: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar